Ilmuwan Bikin Ikan dari Sel Jantung Manusia yang Bisa Berenang Sendiri

Minggu, 13 Februari 2022 - 15:18 WIB
Ikan buatan ini akan jadi awal dari pengembangan jantung buatan untuk mengobati penderita penyakit jantung. Foto: ist
AMERIKA - Ilmuwan berhasil membuat ikan buatan dari sel jantung manusia yang bisa berenang sendiri. Tujuannya bukan untuk menciptakan kloning ikan. Tapi, ini akan jadi langkah pertama untuk membuat otot jantung buatan di laboratorium.

Target besarnya adalah mengembangkan jantung buatan lewar rekayasa bioteknologi yang bisa bekerja sama persis dengan jantung asli. Meski demikian, para ahli menyebut bahwa masih banyak tantangan besar yang harus diatasi sebelum teknologi tersebut dapat digunakan oleh manusia.

Ternyata, ini adalah percobaan kedua dari kelompok ilmuwan yang tergabung di Georgia Tech. Sebelumnya, mereka pernah membuat ikan pari robot yang terbuat dari sel jantung tikus.

”Mungkin orang melihatnya keren. Tapi, percobaan ini penting sekali karena memberikan kami informasi terhadap sifat fisik dan mekanik otot jantung,” tutur Sung-Jin Park, asisten profesor teknik biomedis di Emory University dan Georgia Tech kepada Insider.





Menurut Park, para bioengineer ingin merancang jaringan manusia buatan yang bekerja dengan baik. Bahkan, lebih baik dibandingkan jaringan jantung alami. Sehingga orang yang mengalami penyakit jantung bisa disembuhkan menggunakan sel punca milik pasien sendiri.

”Jantung buatan itu nantinya akan bisa menggantikan jantung yang cacat pada seorang anak, misalnya,” beber Kit Parker, bioengineer Harvard di John A. Paulson School of Engineering and Applied Sciences.

Jaringan yang Berdenyut Sendiri

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More