5 Sungai Paling Tercemar di Dunia, Nomor 3 Dikenal Sebagai Sejarah Peradaban

Selasa, 15 Maret 2022 - 08:01 WIB
2. Sungai Marilao, Filipina



Sungai Marilao mengalir melalui Metro Manila di Filipina. Polusinya adalah salah satu penyebab utama keprihatinan baik bagi pemerintah Filipina maupun dunia. Benda-benda berbahaya yang tidak dapat didaur ulang seperti botol plastik, sandal karet, dan lain-lain, banyak ditemukan mengambang di sungai.

Selain itu, segala macam produk limbah industri beracun dibuang ke sungai setiap hari dan sampah rumah tangga juga dibuang dalam jumlah yang luar biasa. Ini telah membuat air sungai terinfeksi, dan karenanya berbahaya.

3. Sungai Kuning, China



Sungai terpanjang kedua di Asia dan terpanjang keenam di dunia, sungai Kuning berasal dari 'Pegunungan Bayan Har' di provinsi Qinghai di China barat dan berakhir di Laut Bohai dekat kota Dongying di provinsi Shandong. Dianggap sebagai 'tempat lahirnya peradaban Tiongkok', dan pernah, sebagai sumber utama air minum, sungai ini telah menderita polusi parah sehingga sepertiga airnya tidak dapat digunakan.

Menurut laporan Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa, sekitar 4,29 miliar ton adalah limbah industri dan limbah dibuang ke sungai pada tahun 1996. Akhir-akhir ini, di kota Lanzhou, air sungai tiba-tiba berubah menjadi merah karena pembuangan. Kontaminan tak dikenal tertentu dari industri lokal.



4. Sungai Yordan, Israel
Halaman :