Darurat Perang Bikin Ukraina Incar MiG-21 Rumania, Ini Keunikan Pesawat Tempur Antik Era Uni-Soviet

Sabtu, 16 April 2022 - 12:37 WIB
MiG-21 LanceR-C Rumania dalam formasi B. (Foto/ Angkatan Udara AS/The War Zone)
KIEV - Menghadapi serangan Rusia yang sudah berlangsung 8 minggu, Ukraina terus berusaha mencari berbagai bantuan peralatan perang. Dalam kondisi yang serba darurat di tengah perang, Ukraina dikabarkan mengincar pesawat MiG-21 Lancer C milik Rumania yang baru dikandangkan alias di-Grounded.

Ukraina yang sedang terdesak digempur Rusia terpaksa mengharapkan bantuan pesawat MiG-21 yang sebenarnya bisa dikatakan pesawat tempur antik. Sebab, berbagai upaya mendapatkan pesawat tempur yang lebih canggih seperti MiG-29 dari negara tetangga atau pesawat tempur canggih generasi ke-4 dari NATO berjalan lambat.

Dikutip dari laman The War Zone, opsi mendapatkan MiG-21 Rumania adalah yang paling realistis dalam kondisi darurat perang. Apalagi MiG-21 Rumania sudah diupgrade dengan avionik canggih. Selain itu, Rumania tidak menggunakan lagi MiG-21 karena sudah memiliki pesawat tempur F-16 sebanyak 36 unit.



Rumania memiliki sekitar 27 MiG-21, terdiri dari 19 unit LanceR-C dan sisanya adalah LanceR-B (pesawat latih dua kursi). Sebelumnya sebanyak 111 MiG-21 Rumania ditingkatkan ke konfigurasi LanceR, khusus model C fokus pada superioritas udara merupakan yang paling canggih.



Keuntungan lainnya, Rumania masih memiliki banyak suku cadang MiG-21 untuk armada flyable yang ada. Rumania terpaksa mengandangkan seluruh armada MiG-21 LanceR setelah serentetan kecelakaan, terbaru pada tanggal 2 Maret 2022.



Perbedaan MiG-21 LanceR yang sudah diupgrade dengan MiG-21 Fishbed (generasi pertama) adalah dalam hal avionik. MiG-21 LancerR mengunakan avionik terbaru buatan Israel yang sangat mirip dengan pesawat tempur generasi ke-4 seperti pesawat tempur F-16.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More