Australia Kerahkan Drone untuk Lindungi Perenang dari Serangan Makhluk Laut Paling Berbisa

Senin, 25 April 2022 - 06:00 WIB
Pemerintah kota Queensland sudah berhasil memantau pergerakan ikan hiu dan buaya di pantai setempat. Foto/ABC
AUSTRALIA - Pemerintah kota North Queensland, Australia akan mengerahkan drone untuk melindungi para perenang dari serangan makhluk laut paling berbisa, ubur-ubur kotak . Upaya itu dilakukan karena semakin meningkatnya korban tewas akibat tersengat ubur-ubur kotak saat berenang di pantai.

Terbaru seorang anak berumur 14 tahun, Mark Angelo tewas saat berenang di Pantai Mackay, North Queensland. Peristiwa itu membuat pemerintah kota North Queensland mempertanyakan efektivitas upaya pencegahan yang ada saat ini yakni jaring atau jala berjalan.

Penggunaan jala berjalan dirasa kurang efektif karena ternyata ubur-ubur kotak masih bisa membebaskan diri dari jala tersebut. Upaya penggunaan drone dirasa perlu karena pihak terkait dapat memantau kondisi pantai atau laut secara menyeluruh.

Apalagi kota lain di Australia yakni Queensland juga sudah berhasil melakukan pemantauan pantai atau laut dengan menggunakan drone. Pemerintah kota Queensland memakai drone guna mendeteksi kehadiran hiu dan buaya dari potensi penyerangan terhadap perenang.





"Penggunaan jala menurut kami hanya memiliki tingkat efektivitas sebesar 5 persen," ujar Wali Kota North Queensland, Greg Williamson.

Nantinya drone-drone itu akan menggunakan kamera yang ada untuk mengirimkan siaran langsung kondisi pantai atau laut. Memantau ubur-ubur kotak juga diklaim akan sangat mudah mengingat makhluk laut itu tidak soliter tapi selalu berkerumun atau berkelompok.

Hanya saja Profesor Michael Kingsford dari James Cook University mengatakan hambatan terbesar dari metode drone adalah kualitas dari laut atau pantai yang dipantau. Begitu juga dengan kondisi cuaca yang ada.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More