Rusia Kirim Tank Terbaru ke Medan Perang Ukraina, T-90M Proryv Terintegrasi Satelit Glonass

Sabtu, 13 Agustus 2022 - 07:57 WIB
Rusia dilaporkan telah mengirimkan sejumlah tank terbaru yang lebih canggih dan bertenaga ke medan perang Ukraina, yaitu T-90M Proryv . Foto/BulgarianMilitary
MOSKOW - Rusia dilaporkan telah mengirimkan sejumlah tank terbaru yang lebih canggih dan bertenaga ke medan perang Ukraina. Tank tempur utama (Main Battle Tank) terbaru yaitu T-90M Proryv selain lebih bertenaga, juga dipandu sistem satelit Glonass.

Meskipun ada sanksi ekonomi, Rusia tampaknya tetap mampu memasok tentaranya dengan kendaraan lapis baja berat. ArmyRecognition menulis pada tanggal 5 Agustus 2022 bahwa batch baru tank T-90M Proryv meninggalkan UralVagonZavod, perusahaan yang dikenal memproduksi tank tempur utama Rusia.

Ini bukan pengiriman pertama tank T-90M Proryv ke tentara Rusia sejak pecah perang dengan Ukraina. Pada pertengahan Mei, UralVagonZavod mengirim batch baru. T-90M Proryv dianggap oleh Rusia sebagai tank tempur utama paling mumpuni.



Dikutip SINDOnews dari laman Bulgarian Military, Sabtu (13/8/2022), secara umum tank T-90M, dilengkapi dengan sistem kontrol tembakan Kalina dan sistem pertahanan aktif Afghanit. Selain itu, tank T-90M menerima perlindungan Relik dinamis serta baju besi tambahan.



Menurut desainer dari Uralvagonzavod, tank T-90M Proryv terbaru telah menerima mesin yang lebih bertenaga. Konfigurasi standar T-90 ditenagai oleh mesin V-92S2 12-silinder yang menghasilkan 1.000 tenaga kuda, sedangkan versi tangki baru mendapat 130 tenaga kuda lebih banyak karena menggunakan mesin V-92S2F baru 12-silinder.

Untuk persenjataan dasar tidak banyak berubah, kedua modifikasi tank menggunakan meriam smoothbore 2A46M 125mm, tetapi untuk tank T-90M yang dipakai adalah model 2A46M-5. Untuk model 2A46M-5 menyediakan penggunaan amunisi berdaya tinggi baru, serta peluru kendali yang memungkinkan menghancurkan tank musuh pada jarak hingga 5 kilometer.



Persenjataan sekunder terdiri dari senapan mesin Kord Heavy 12,7 mm, dan PKMT 7,62 mm di kedua tank. Salah satu peningkatan utama yang diterima oleh T-90M adalah kemampuan tank untuk memiliki fungsi otonom, yaitu pertukaran data real-time dengan kendaraan lain.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More