Rusia Tambah Helikopter Tempur untuk Gempur Ukraina, 360 Unit Disiagakan di Belarusia

Rabu, 17 Agustus 2022 - 17:16 WIB
Rusia kembali menambah jumlah helikopter tempur untuk menggempur posisi Ukraina. Foto/Defence-Blog
MOSKOW - Rusia kembali menambah jumlah helikopter tempur untuk menggempur posisi Ukraina. Setidaknya ada 360 unit helikopter tempur yang dikerahkan Rusia selama perang melawan Ukraina.

Menurut Yuriy Ignat, juru bicara Angkatan Udara Ukraina, Rusia mengoperasikan 360 helikopter. Jumlah itu bertambah karena sejak awal perang diperkirakan ada 250 helikopter yang dikerahkan Rusia.

Namun, jumlah pesawat tempur yang digunakan mengalami penurunan. Ketika awal perang diperkirakan ada 450 pesawat tempur yang dikerahkan Rusia, namun sekarang tinggal 430 unit.



Rasio pesawat-helikopter yang diterjunkan ke medan perang telah berubah sejak awal perang. Dulu perbandingannya 450 pesawat dan 250 helikopter, saat ini helikopter bertambah 110 unit lebih.



“Fenomena penggunaan helikopter serang Rusia untuk mendukung operasi darat. Rusia secara aktif menggunakan lapangan terbang Belarusia,” kata Ignat dikutip SINDOnews dari laman Bulgarian Military, Rabu (17/8/2022).

Menurut Ignat, angkatan bersenjata Ukraina mengalami kesulitan melawan rudal tak terarah yang ditembakkan dari helikopter tempur Ka-52. Selain helikopter, Rusia menggunakan pengebom jarak jauh, pengebom tempur, dan pesawat serang.



“Terlepas dari semua masalah dan kurangnya jumlah senjata presisi tinggi yang memadai, Moskow mampu menambah helikoper tempur, dan angkatan udara Rusia terus menyiksa tentara Ukraina,” kata Ignat.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More