5 Zat Asam Terkuat di Dunia, Nomor 3 Digunakan dalam Bahan Bakar Roket

Rabu, 21 September 2022 - 20:54 WIB


Asam karboran yang ditemukan pada tahun 2007 adalah salah satu kelompok superasam terkuat yang dikenal manusia. Salah satu anggota kelompok ini adalah asam Fluorinated Carborane.

Fluorinated Carborane adalah satu-satunya asam yang diketahui dapat memprotonasi (transfer ion hidrogen) karbon dioksida untuk menghasilkan kation yang dijembatani Hidrogen. Sebaliknya, CO2 tidak mengalami protonasi yang luar biasa ketika diperlakukan dengan superasam lain.

3. Asam Perklorat



Asam perklorat termasuk salah satu asam Bronsted–Lowry terkuat yang diketahui, karena memiliki sifat pengoksidasi kuat dan sangat korosif. Secara tradisional, asam perklorat diproduksi dengan memperlakukan natrium perklorat dengan asam klorida (HCl), yang juga menciptakan natrium klorida.



Tidak seperti asam lainnya, asam perklorat tidak rentan terhadap hidrolisis. Ini juga merupakan salah satu asam yang paling dapat diatur di dunia, namun juga dikenal eksplosif. Meskipun sifatnya yang eksplosif, asam perklorat banyak digunakan dan bahkan lebih disukai dalam jenis sintesis tertentu, yang digunakan dalam bahan bakar roket modern.

4. Asam Fluorosulfat

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More