Permukaan Air Terus Merosot, Danau Asin Terbesar Dunia Ini di Ambang Kehancuran

Selasa, 11 Oktober 2022 - 21:32 WIB
Penurunan dramatis ini memperlihatkan ekosistem yang sangat berharga ini secara kolektif bergantung pada manusia, industri, dan hewan. “Perlu Tindakan mendesak untuk membantu melindungi dan melestarikan sumber daya di danau ini,” kata Direktur Eksekutif Departemen Sumber Daya Alam Utah Joel Ferry dikutip SINDOnews dari laman sciencealert, Selasa (11/10/2022).

Danau Great Salt Lake adalah salah satu dari sedikit ekosistem terumbu karang bawah laut yang termineralisasi yang dikenal sebagai mikroba masih tumbuh. Struktur ini mungkin menyerupai batu, tetapi sebenarnya merupakan konsentrasi alga dan bakteri yang padat.

Dalam bentuk fosil, mereka dikenal sebagai stromatolit, dan dianggap sebagai bukti tertua kehidupan di Bumi. Ketika permukaan air di Great Salt Lake terus turun, versi modern dari 'fosil hidup' ini dengan cepat mengering.

Masalahnya adalah, saat Great Salt Lake menyusut, dan menjadi semakin terkonsentrasi dengan garam. Pada tahun 2022, para peneliti mengukur tingkat salinitas setinggi 26 persen di beberapa tempat; berbeda jauh dengan salinitas danau yang rata-rata sekitar 15 persen.