Teknologi Ini Bikin Ukraina Pede Tangkis Serangan Rudal Rusia

Jum'at, 03 Februari 2023 - 20:41 WIB
loading...
Teknologi Ini Bikin Ukraina Pede Tangkis Serangan Rudal Rusia
Prancis siap kirim teknologi anti rudalnya GM200 ke Ukraina untuk hadapi serangan Rusia. FOTO/ armyrecognition
A A A
KIEV - Prancis siap kirim sistem anti radar Ground Master 200 (GM200) ke Ukraina untuk menangkis serangan rudal dari Ukraina.



Menteri Angkatan Bersenjata Prancis Sebastien Lecornu mengatakan, biaya untuk sistem tersebut akan menggunakan dana khusus yang telah disetujui parlemen termasuk pengiriman sistem artileri medan CAESAR 155 SPH.

Bantuan sistem radar ini dimaksudkan untuk memperkuat sistem pertahanan udara Ukraina untuk menghadapi serangan dari pesawat, misil, dan drone kamikaze Rusia.

Melengkapi sistem radar GM200, Prancis akan membeli sekitar 700 rudal antipesawat Aster-30 untuk sistem rudal pertahanan udara SAMP/T, yang juga akan dikirim ke Ukraina.

Mengenai GM200, merupakan sistem radar jarak menengah multimisi yang dapat mendeteksi dan melacak secara bersamaan, baik itu target ketinggian rendah hingga tinggi di semua jenis lingkungan.

GM200 memiliki kemampuan membuat trek lebih cepat dan mengunci target lebih lama, yang memberikan waktu pada unit untuk mengevaluasi ancaman dan mengambil tindakan yang tepat.

Inti dari Ground Master 200 adalah radar 4D AESA yang telah diterapkan pada produk Thales lainnya seperti NS100/200, SM400, SMART-L MM, Sea Fire, dan Ground Fire.

Radar GM 200 merupakan teknologi terkini multibeam 3D radar, sementara CONTROLView berperan melakukan segala proses identifikasi dan analisa secara real time, memberi informasi akurat tentang posisi target yang dibutuhkan oleh unit peluncur rudal di lapangan.

Pihak Thales menyebut radar ini ideal untuk melakukan counter atas ancaman yang datang dari jet tempur, helikopter, rudal jelajah dan drone (UAV).

Menghadapi peperangan elektronik pun, sistem radar ini telah dilengkapi dengan ketahanan maksimal pada ancaman jamming.

Tak hanya mampu mendeteksi ancaman dari wahanan udara, radar GM 200 mampu memprediksi titik hadirnya serangan artileri dan mortir, dan memberi alert pada unit komando yang membutuhkan perlindungan.
.
Tersedia dua versi yakni GM200 MM/A yang berdimensi besar dan MM/C versi kompak atau ringkas. Keduanya dapat ditempatkan di atas truk untuk menunjang mobilitasnya.

Dalam pernyataan Menteri Angkatan Bersenjata Prancis tersebut tak disebutkan versi mana yang akan disumbangkan ke Ukraina, apakah varian GM200 MM/A atau MM/C.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1445 seconds (0.1#10.140)