5 Masalah yang Bisa Picu Perang Dunia Ke-3, Nomor Terakhir Posisinya dekat Indonesia

Rabu, 08 Februari 2023 - 15:00 WIB
loading...
A A A
Banyak masalah yang bertambah, dari masalah lingkungan, industri yang haus air, dan pengelolaan sumber daya yang buruk tidak akan mampu mengimbangi peningkatan populasi yang akan datang. Belum lagi potensi dampak perubahan iklim terhadap peristiwa cuaca ekstrem dan kekeringan.



Jika prediksi ini benar, maka kita mungkin memasuki periode kerusuhan sipil yang meningkat, revolusi, dan, mungkin, invasi negara ke negara untuk menguasai komoditas dasar. Tidak sulit untuk melihat bagaimana hal ini dapat memicu perang global yang belum pernah kita lihat sebelumnya.

3. Persaingan Elektronik
5 Masalah yang Bisa Picu Perang Dunia Ke-3, Nomor Terakhir Posisinya dekat Indonesia


Dunia elektronik modern tidak akan mungkin terjadi tanpa beberapa sumber daya utama yang penting untuk membuat banyak perangkat elektronik yang kita gunakan setiap hari. Mulai dari smartphone hingga router internet, semuanya membutuhkan banyak bahan baku mineral dan bahan kimia seperti tembaga, litium, timah, perak, emas, nikel, dan aluminium.

Beberapa dari sumber daya utama ini, seperti lithium, misalnya, tidak melimpah dan mempertahankan akses ke sumber daya tersebut telah menjadi masalah keamanan nasional bagi banyak negara. Satu tempat tertentu yang memiliki banyak memiliki cadangan lithium adalah Afghanistan.



Penarikan pasukan AS dan internasional yang telah lama tertunda dan kontroversial, telah menimbulkan keraguan serius pada kontrol masa depan atas materi-materi ini. Jika akses ke bahan-bahan ini dihambat secara artifisial dengan cara apa pun, hal ini dapat menyebabkan ketegangan yang sangat serius di seluruh dunia.

4. Keruntuhan Ekonomi
Beberapa pakar keuangan memprediksi tentang keruntuhan ekonomi yang akan datang lebih buruk dari sebelumnya. Ini bukanlah hal baru, dan kondisi itu telah terjadi sebelumnya. Memang menjadi alam siklus yang tidak menyenangkan dan hampir dapat diprediksi, kira-kira setiap dekade atau lebih.

Namun, ketika itu benar-benar terjadi, ketidakstabilan cenderung mengikutinya. Meskipun biasanya tidak pernah menjadi penyebab utama konflik global, peristiwa seperti depresi menciptakan keresahan sosial yang dapat menjadi dasar terjadi perang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2226 seconds (0.1#10.140)