Hutan Amazon akan Berubah Jadi Padang Rumput, Jaguar Bakal Jadi Korban

Minggu, 19 Februari 2023 - 16:00 WIB
loading...
Hutan Amazon akan Berubah Jadi Padang Rumput, Jaguar Bakal Jadi Korban
Jaguar akan jadi korban dari kerusakan yang dialami di hutan hujan Amazon. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Sejumlah mamalia darat akan mengalami kesulitan besar saat hutan hujan Amazon berubah jadi padang rumput. Hewan-hewan tersebut akan kesulitan untuk beradaptasi karena sudah sangat nyaman berada di hutan Amazon.

Para peneliti memprediksi jaguar hingga capybara akan jadi korban saat hutan hujan Amazon berubah jadi padang rumput. Bahkan hewan yang biasa hidup di hutan dan padang rumput seperti puma juga akan sangat rentan jika perubahan besar itu terjadi.

Hal itu terangkum dalam penelitian yang dilakukan University California Davis baru-baru ini. Daniel Roca peneliti dari University California Davis mengatakan peralihan hutan hujan Amazon jadi padang rumput terjadi karena adanya perubahan iklim yang sangat drastis.



Hutan Amazon akan Berubah Jadi Padang Rumput, Jaguar Bakal Jadi Korban


Hal itu membuat suhu di hutan hujan Amazon sangat tinggi. Alhasil deforestasi meningkat dan curah hujan berubah. Perubahan jadi padang rumput skala besar diperkirakan terjadi di wilayah selatan dan timur hutan hujan Amazon.

“Perubahan iklim akan memengaruhi kegigihan dan distribusi spesies, khususnya di ekosistem dengan keanekaragaman tinggi seperti Amazon," jelasnya.



Hutan Amazon akan Berubah Jadi Padang Rumput, Jaguar Bakal Jadi Korban


Dia bahkan mengatakan padang rumput yang akan terjadi di Amazon bakal berlangsung lama. Hal itu membuat banyak hewan yang akan jadi korban secara perlahan-lahan.

Meski nantinya padang rumput itu tumbuh dengan kondisi ideal, masih banyak hewan yang lebih memilih berada di hutan ketimbang hidup di padang rumput.

"Sebagian besar spesies Amazon, ketika mereka dapat memilih antara hutan yang bagus dan padang rumput yang bagus, mereka memilih hutan. Saat hutan menghilang, mereka juga menderita," terangnya.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2277 seconds (0.1#10.140)