Hutan Tertua di Dunia Ditemukan, Pohonnya Rata-rata Berusia Ratusan Tahun

Minggu, 17 Maret 2024 - 15:59 WIB
loading...
Hutan Tertua di Dunia Ditemukan, Pohonnya Rata-rata Berusia Ratusan Tahun
Pohonnya Rata-rata Berusia Ratusan Tahun. FOTO/ DAILY
A A A
LONDON - Tebing laut tertinggi di Inggris menyimpan harta karun tersembunyi: hutan fosil tertua yang pernah ditemukan di Bumi. Hutan ini, yang dihuni oleh pohon-pohon mirip palem yang disebut Calamophytons, berusia 390 juta tahun.



Penemuan ini menggeser rekor sebelumnya yang dipegang oleh hutan di Negara Bagian New York, yang usianya sekitar tiga atau empat juta tahun lebih muda.

Seperti dilansir dari Science Alert Minggu (17/3/2024), sebelumnya, permukaan batu pasir merah di barat daya Inggris tempat fosil ini ditemukan dianggap "tanpa jejak fosil".

Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa lokasi ini menyimpan gambaran kehidupan yang menakjubkan pada Periode Devonian. Pada masa itu, turunnya permukaan laut menciptakan dua benua besar: Gondwana dan Euramerica.

Hewan dan tumbuhan primitif memanfaatkan lingkungan baru ini dengan cepat. Pohon-pohon pertama yang menghuni benua super ini berbeda dari pohon yang kita kenal sekarang.

Awalnya, mereka tidak memiliki akar, daun, spora, biji, atau sistem pembuluh darah untuk mengangkut air dan nutrisi. Hal ini memaksa mereka untuk tinggal di dekat garis pantai dan sungai.

Pohon Calamophyton yang ditemukan di garis pantai Somerset dekat Minehead telah mengembangkan akar dan jaringan pembuluh darah di batangnya, namun tingginya hanya mencapai dua hingga empat meter, dengan batang tipis dan berlubang.

Sebelumnya, fosil makhluk serupa telah ditemukan di Jerman, New York, dan Cina. Ketika benua super Gondwana ada, Jerman dan bagian Inggris ini terhubung, sehingga wajar jika mereka memiliki vegetasi yang sama.

Dr. Christopher Berry dari Universitas Cardiff, yang terlibat dalam penelitian ini, berkomentar: “Ketika saya pertama kali melihat gambar batang pohon, saya langsung tahu apa itu, berdasarkan 30 tahun mempelajari jenis pohon ini di seluruh dunia. Sungguh menakjubkan melihat mereka begitu dekat dengan rumah.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1940 seconds (0.1#10.140)