7 Hewan yang Bisa Mendeteksi Gempa Bumi, Ditandai dengan Perilaku Tak Lazim

Rabu, 22 Februari 2023 - 14:49 WIB
loading...
A A A
Kodok juga dapat mendeteksi gempa bumi yang akan segera terjadi. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Zoology, koloni kodok meninggalkan tempat kawin mereka 74 km dari pusat gempa L'Aquila di Italia, tiga hari sebelum gempa bumi itu terjadi.

Kodok baru kembali ke lokasi 10 hari kemudian, setelah gempa susulan berakhir. Menariknya, itu adalah penemuan tak sengaja yang dibuat oleh ilmuwan kehidupan Rachel Grant. Dia pergi keluar setiap malam saat senja untuk mempelajari efek siklus bulan pada perilaku dan reproduksi kodok.



Biasanya, mereka tiba untuk berkembang biak pada awal Maret dalam kelompok besar. Kemudian suatu hari, dia melihat tidak ada kodok sama sekali. Tiga hari kemudian, gempa terjadi.

6. Burung-burung
7 Hewan yang Bisa Mendeteksi Gempa Bumi, Ditandai dengan Perilaku Tak Lazim


Burung juga bisa memprediksi gempa dan cukup banyak contoh yang menunjukkan bahwa hewan bersayap ini sangat sensitif. Ambil contoh gempa Oklahoma pada tahun 2016. Gempa tersebut terjadi pada pukul 7.03 pagi pada tanggal 3 September.

Setelah gempa tersebut, para peneliti menemukan bahwa gambar radar menunjukkan peningkatan besar jumlah burung yang lepas landas 15 menit sebelum peristiwa tersebut. Ini menunjukkan bahwa burung-burung itu mungkin tahu bahwa akan ada gempa.



Lalu ada gempa tahun 1975 di kota Haicheng di Cina. Menjelang peristiwa itu, banyak laporan perilaku hewan aneh, termasuk angsa yang terbang ke pohon.

7. Kucing
7 Hewan yang Bisa Mendeteksi Gempa Bumi, Ditandai dengan Perilaku Tak Lazim
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1051 seconds (0.1#10.140)