Teka-teki Suara Dentuman Keras di Langit Inggris Akhirnya Terkuak

Minggu, 05 Maret 2023 - 19:56 WIB
loading...
Teka-teki Suara Dentuman Keras di Langit Inggris Akhirnya Terkuak
Misteri dentuman suara misterius di langit Inggris. FOTO/ DAILY START
A A A
LONDON - Warga Leicester, Oxford, dan Northampton Inggris melaporkan mendengar suara keras " ledakan sonik " yang terdengar seperti "bom meledak" . Suara dentuman keras itu menyebabkan guncangan di tanah.


Seorang penduduk berkata: "Ledakan yang sangat keras di Leicester sekitar 15 menit yang lalu. Merasakan getaran udara, kucing ketakutan dan berlari ke dalam ruangan Sangat mengerikan , apa itu?" tanya salah seorang saksi kejadian seperti dilansir dari Daily Star, Minggu (5/3/2023).

Tetapi penyebab dari kebisingan yang mengkhawatirkan itu akhirnya ditemukan. Kementerian Pertahanan mengkonfirmasikan bahwa dua jet RAF Typhoon yang menciptakan ledakan tersebut.

"Pesawat yang terbang dari Islandia ke Nairobi melalui Southend dikawal ke bandara oleh jet RAF dan mendarat sesaat sebelum pukul 12.50 hari ini (Sabtu 4 Maret). Dua orang - seorang pilot dan co-pilot - berada di dalamnya,'' tulis Daily Star.

Menurut ahli, pesawat menghasilkan gelombang suara saat transit dan dapat menciptakan dentuman sonik dengan menembus penghalang suara, menghasilkan suara yang mirip dengan guntur saat terbang melewatinya.

Munculnya gelombang kejut atau Sonic Boom ini memiliki penyebab yaitu dari aktivitas yang dilakukan oleh berbagai pesawat yang memiliki kekuatan berupa gelombang yang dinamakan supersonic.

Gelombang supersonic yang dihasilkan dari kegiatan pesawat tersebut kemudian akan terjadi jika telah melebihi gelombang suara, pemicunya dapat diketahui seperti tekanan udara, temperatur, dan densitas yang berubah dalam beberapa waktu.

Dengan munculnya gelombang yang melebihi kecepatan suara dan dipengaruhi oleh beberapa hal tersebut, maka bunyi atau suara tersebut akan merambat melalui berbagai medium dengan cepat dan dapat didengarkan manusia.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1182 seconds (0.1#10.140)