Perbandingan Jet Tempur MiG-29 Fulcrum dan F-16 Fighting Falcon, Siapa Lebih Hebat?

Kamis, 23 Maret 2023 - 23:19 WIB
loading...
Perbandingan Jet Tempur MiG-29 Fulcrum dan F-16 Fighting Falcon, Siapa Lebih Hebat?
Membandingkan kemampuan jet tempur buatan Timur dan Barat, dalam konteks ini MiG-29 Fulcrum dan F-16 Fighting Falcon, menjadi topik yang menarik. Foto/Theaviationgeekclub
A A A
KIEV - Membandingkan kemampuan jet tempur buatan Timur dan Barat, dalam konteks ini MiG-29 Fulcrum dan F-16 Fighting Falcon , sudah sangat populer. Topik ini kembali menjadi perbincangan menarik ketika Ukraina meminta diberikan jet tempur F-16, meskipun sudah diberikan MiG-29 oleh Polandia.

Dikutip dari laman flyfighterjet, Kamis (23/3/2023), sebelum membandingkan kemampuan jet tempur MiG-29 dan F-16 perlu diketahui latar belakang pengembangan kedua pesawat ini. Diketahui MiG-29 dan F-16 dikembangkan dalam kondisi yang berbeda, sehingga berdampak pada misi yang berbeda juga.

Jet tempur F-16 dirancang untuk menjadi jet multiperan ringan (pengebom tempur) yang hemat biaya dan dapat mendukung F-15 Eagle yang lebih mahal. Di sisi lain MiG-29 adalah jet tempur superioritas udara dengan tugas khusus yang khas sebagai interseptor atau pencegat.



Jadi untuk MiG-29 lebih mengutamakan kekuatan mesin pesawat agar mampu terbang pada ketinggian tinggi, tingkat pendakian, kecepatan dan kemampuan lepas landas dari landasan pacu yang sangat buruk. Sedangkan F-16 dilengkapi avionik canggih dan desain yang aerodinamis untuk menjalankan berbagai misi.

Perbedaan tersebut terlihat pada konstruksi kedua mesin pesawat, MiG-29 Fulcrum memiliki dua mesin Klimov RD-33 afterburning turbofans. Sedangkan F-16 Fighting Falcon cukup aman hanya dengan satu mesin F110-GE-100 afterburning turbofan.

Menurut Kapten Mike McCoy salah satu pilot F-16 yang terbang melawan MiG-29, aspek yang paling mengesankan dari kinerja Fulcrum adalah kemampuan manuver kecepatan rendah yang dikombinasikan dengan sistem penglihatan yang dipasang di helm. MiG-29 dirancang sebagai respons terhadap generasi baru pesawat tempur Amerika, termasuk F-15 dan F-16.

“Dalam pertarungan kecepatan rendah, melawan MiG-29 Fulcrum mirip dengan melawan F-18 Hornet, tetapi Fulcrum memiliki keunggulan dorong dibandingkan Hornet,” katanya dikutip dari laman Theaviationgeekclub.


Pertempuran Udara Jarak Menengah

Ketika kedua pesawat terbang ke arah satu sama lain, pada jarak menengah mungkin MiG-29 akan terdeteksi terlebih dahulu. Sebab, F-16 memiliki radar yang lebih baik dengan kemampuan segala cuaca dan BVR (beyond-visual-range).
Perbandingan Jet Tempur MiG-29 Fulcrum dan F-16 Fighting Falcon, Siapa Lebih Hebat?

Jet tempur F-16 Fighting Falcon. Foto/flyfighterjet

Kemampuan itu didukung persenjataan rudal udara ke udara AIM-7 Sparow dan AIM- 120 AMRAAM yang memiliki jangkauan di atas 20 mil atau sekitar 32 km. Sedang MiG-29 dibekali rudal udara ke udara Vympel R-27R atau NATO disebut AA-10 Alamo, dengan jangkauan 25 Km.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4846 seconds (0.1#10.140)