Terungkap! Legenda Putri Duyung Ternyata Berasal dari Syria

Rabu, 29 Maret 2023 - 12:33 WIB
loading...
Terungkap! Legenda Putri Duyung Ternyata Berasal dari Syria
Legenda putri duyung. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Putri duyung merupakan legenda yang dikisahkan para pelaut Eropa. Tetapi tahukah anda, bahwa legenda ini ternyata sudah lama hidup di Syria, pada tahun 1000 SM.

Seperti dilansir dari unggahan Twitter Sha @Shortinamojito. Dikatakan, bahwa legenda putr duyung yang paling awal datang bukan dari para pelaut Eropda. Tetapi dari Syria.

"Walaupun legenda putri duyung dikenal luas sebagai legenda yang dikisahkan oleh para pelaut Eropa, salah satu legenda putri duyung yang paling awal berasal dari Syria, sekitar tahun 1000 SM," katanya, dikutip Rabu (29/3/2023).



Dilanjutkan dia, peristiwa berawal pada suatu ketika dewi kesuburan, bulan, dan air Atargatis terjun ke dalam danau hendak mengambil bentuk ikan. Namun, dilarang oleh para dewa karena kecantikanya.

"Karena itu, (dia) menjaga bagian atasnya dalam bentuk manusia dan bagian bawah setengah menjadi ekor ikan," ungkapnya.

Unggahan ini pun cepat menuai komentar netizen. Di antaranya datang dari KP Harshad @KinderMachine. Dia mengaku, legenda putri duyung ada dalam salah satu kitab fiqh jadul.



"Pernah nemu satu artikel dari seorang ustaz yang ga terkenal, tapi ilmunya luas. Beliau berpendapat mermaid ada karena ada satu kitab fiqh sangat jadul yang membahasnya di dalamnya," sambungnya.

Dalam kitab itu, diterangkan bahwa putri duyung merupakan ikan yang menyerupai manusia.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1927 seconds (0.1#10.140)