Roket Ariane 5 Diluncurkan untuk Memburu Alien di Jupiter?

Minggu, 16 April 2023 - 06:15 WIB
loading...
Roket Ariane 5 Diluncurkan untuk Memburu Alien di Jupiter?
Roket Ariane 5 resmi diluncurkan. FOTO/ SPACENEWS
A A A
LONDON - Misi luar angkasa yang telah lama ditunggu-tunggu untuk mencari dan mendeteksi kehidupan atau alien di Jupiter diluncurkan kemarin.



Seperti dilansir dari Mirror Minggu (16/4/2023), misi dengan nama aneh, Juice (kependekan dari European Jupiter Icy Moons Explorer), adalah proyek Badan Antariksa (ESA) dan mereka akan melakukan pengamatan mendetail yang belum pernah terjadi sebelumnya tentang keberadaan gas atau alien.

Misi sensitif akan menyelidiki apakah bulan es Jupiter Ganymede, Callisto dan Europa memiliki lautan sendiri dan apakah mereka dapat mendukung kehidupan.

Roket Ariane 5 diluncurkan pada pukul 13.15 waktu Inggris kemarin dari pelabuhan antariksa ESA di Kourou, Guyana Prancis, wilayah Prancis di pantai timur laut Amerika Selatan.

Total waktu pelayaran Jus adalah delapan tahun dan termasuk penguburan bumi dan Venus dalam perjalanannya.

Ariane 5 adalah pesawat ruang angkasa yang akan mengelilingi tata surya bagian dalam dan kemudian serangkaian terbang lintas secara gravitasi akan meluncurkan misi ke tujuan yang dituju.

Tiba di sistem Jovian (Jupiter membentuk sistem satelit yang disebut sistem Jovian) juga diharapkan pada Juli 2031.

Juice tidak secara eksplisit menampilkan kehidupan alien tetapi dapat membantu menentukan apakah kondisi di lautan planet tersembunyi setidaknya memiliki peluang untuk dengan mudah mendukung organisme mikroba.

Mereka berencana untuk mendapatkan informasi menggunakan 10 instrumen yang terpasang di pesawat ruang angkasa termasuk yang dikembangkan oleh para ahli dari Imperial College London.

Kepala Departemen Fisika di Imperial College London dan penyelidik utama J-MAG, Profesor Michele Dougherty mengatakan kepada ITV News, apa yang mereka lakukan sangat mengasyikkan.

“Ini seperti mencari jarum di tumpukan jerami dan jarum itu berubah bentuk dan warna setiap saat,''

“Tapi menurut kami hasilnya akan luar biasa,” katanya
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0920 seconds (0.1#10.140)