Mengungkap Kehidupan Seks Para Dinosaurus, Ini Jawabannya

Jum'at, 21 April 2023 - 16:45 WIB
Flosil dengan sisa-sisa jaringan lunak yang cukup baik itu membuat para peneliti dapat melihat apa yang mereka anggap sebagai kloaka. Dari situ mereka merekonstruksi apa yang mereka duga sebagai kloaka dinosaurus.

Hasilnya kloaka dinosaurus itu mirip dengan yang terlihat pada buaya moderen, salah satu kerabat terdekat dinosaurus yang masih hidup saat ini. Jadi asumsi hubungan seks dinosaurus kurang lebih sama dengan buaya. Mereka akan saling memutar untuk mencoba menyeleraskan kloaka.

Hanya saja menurut Discover Magazine temuan itu bukan berarti jadi jawaban terakhir cara dinosaurus berhubungan seks. Pasalnya dinosaurus memiliki jenis yang sangat beragam.

Menurut mereka sebagian kecil memang bisa sesuai dengan metoda penyatuan kloaka. Tetapi yang lain mungkin menggunakan metoda dan peralatan yang berbeda lagi.

"Beberapa peneliti berpendapat bahwa, sama seperti burung purba yang memiliki penis, dinosaurus jantan juga memiliki kondisi yang sama. Perlu adanya bukti fosil lain yang bisa menjelaskan lebih banyak kehidupan seks dinosaurus," tegas Discover Magazine.