Seperti Manusia, Mata Ikan Amfibi Ini Ternyata Mampu Berkedip

Selasa, 25 April 2023 - 10:55 WIB
loading...
Seperti Manusia, Mata Ikan Amfibi Ini Ternyata Mampu Berkedip
Mata ikan gelodok ternyata bisa berkedip layaknya manusia. Foto/Live Science
A A A
JAKARTA - Kebanyakan ikan tidak berkedip. Mereka tidak mampu melakukannya karena tidak dilengkapi dengan kelopak mata. Ikan juga tidak perlu berkedip karena air tempat mereka berenang membuat mata mereka tetap lembap dan bersih.

Tapi ada satu ikan aneh yang justru dalam pengamatan para ilmuwan dari Seton Hill University justru mampu melakukannya. Ikan itu adalah ikan amfibi mudskipper. Di Indonesia ikan itu dikenal dengan nama ikan gelodok atau tembakul.

Berbeda dengan ikan lainnya, ikan gelodok hidup di air dan di darat. Ikan itu juga hobi jalan-jalan di darat bahkan bisa memanjat pohon.

Namun yang unik lagi ikan itu ternyata bisa berkedip. Thomas Stewart dari Penn State University mengatakan hewan berkedip dengan berbagai alasan.



Seperti Manusia, Mata Ikan Amfibi Ini Ternyata Mampu Berkedip


Berkedip dilakukan untuk mejaga mata tetap bersih, melindungi mata dari cedera, hingga sarana berkomunikasi. Hanya saja menurut dia belum ada satu pun yang menceritakan bagaimana proses awal berkedip terjadi.

Lewat ikan gelodok itulah mereka berharap bisa menemukan jawabannya. "Kedipan yang dilakukan ikan ini secara mandiri memberi kita kesempatan untuk menguji bagaimana dan mengapa kedipan dapat berevolusi pada ikan hidup yang secara teratur meninggalkan air untuk menghabiskan waktu di darat," ucapnya.

Disebutkan Eureka Alert, ikan gelodok tersebut berkedip dengan menarik matanya sejenak ke dalam rongga. Di bagian itu terdapat selaput elastis yang disebut mangkuk kulit hingga terlihat seperti berkedip. Menariknya kedipan mudskipper itu berlangsung kira-kira sama lamanya dengan kedipan mata manusia.

Untuk memahami bagaimana ikan gelodok itu mampu berkedip, para peneliti menganalisanya melalui video berkecepatan tinggi. Mereka kemudian membandingkan anatomi ikan gelodok dengan anatomi ikan air lain yang memiliki kekerabatan dengan ikan gelodok namun tidak bisa berkedip.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2042 seconds (0.1#10.140)