Seperti Manusia, Mata Ikan Amfibi Ini Ternyata Mampu Berkedip

Selasa, 25 April 2023 - 10:55 WIB
loading...
A A A


Brett Aiello dari Seton Hill University mengatakan kedipan pada ikan gelodok sepertinya merupakan evolusi dari penataan ulang oto yang ada. Evolusi jaringan baru dan garis aksi yang terbentuk membuat mata ikan itu mampu berkedip.

“Ini adalah hasil yang sangat menarik karena menunjukkan bahwa sistem yang sangat dasar atau dasar dapat digunakan untuk melakukan perilaku yang kompleks," jelasnya.

Untuk mengungkap mengapa ikan nmudskipper berkedip di darat, para peneliti mempertimbangkan peran yang dimainkan oleh kedipan mata pada manusia dan tetrapoda lainnya. Pada manusia, air mata sangat penting untuk menjaga sel-sel di mata tetap sehat dan teroksigenasi. Dari situ para peneliti menganalisa apakah ikan gelodok juga berkedip untuk menjaga agar matanya tetap basah.

“Kami menemukan bahwa, seperti halnya manusia, ikan gelodok lebih sering berkedip saat menghadapi mata kering,” kata Brett Aiello. “Yang luar biasa adalah mereka dapat menggunakan kedipan untuk membasahi mata, meskipun ikan ini belum mengembangkan kelenjar atau saluran air mata. Sedangkan air mata kita dibuat oleh kelenjar di sekitar mata dan kelopak mata kita, ikan gelodok tampaknya mencampurkan lendir dari kulit dengan air dari lingkungannya untuk menghasilkan lapisan air mata,” pungkasnya.
(wsb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1197 seconds (0.1#10.140)