Spesifikasi Pesawat Tempur Su-30MKI, Padukan Teknologi Canggih Rusia dan India

Rabu, 26 April 2023 - 12:26 WIB
loading...
Spesifikasi Pesawat Tempur Su-30MKI, Padukan Teknologi Canggih Rusia dan India
Pesawat tempur Sukhoi Su-30MKI Angkatan Udara India (IAF) dibangun berdasarkan bentuk dasar pesawat tempur Su-30 Rusia. Foto/airforce-technology
A A A
NEW DELHI - Pesawat tempur Sukhoi Su-30MKI Angkatan Udara India (IAF) dibangun berdasarkan bentuk dasar pesawat tempur Su-30 Rusia. Pesawat tempur multiperan ini dikembangkan bersama oleh Biro Desain Sukhoi Rusia dan Hindustan Aeronautics Limited (HAL) India dengan memadukan berbagai teknologi canggih kedua negara.

Pesawat tempur Su-30MKI didukung oleh dua mesin turbojet Al-31FP sehingga mampu melesat dengan kecepatan maksimum Mach 1,9 dalam penerbangan horizontal dan tingkat pendakian 300 meter per detik. Pesawat ini memiliki jangkauan penerbangan tanpa bahan bakar maksimum 3.000 km.

Pesawat tempur Sukhoi Su-30MKI menggabungkan badan pesawat aerodinamis terbuat dari titanium dan paduan aluminium intensitas tinggi. Stabilizer kembar dan konsol ekor horizontal digabungkan ke balok ekor, dilengkapi dengan kontrol thrust vectoring dan canard.



Kepala badan pesawat semi-monocoque mencakup kokpit, bagian radar, dan teluk avionik. Bagian antara nacelles mesin menampung ruang peralatan, penyimpanan bahan bakar, dan mekanisme parasut rem.

Dikutip dari laman airforce-technology, Rabu (26/4/2023), pesawat tempur Sukhoi Su-30MKI memiliki panjang 21,9 meter, lebar sayap 14,7 meter dan tinggi 6,4 meter. Pesawat berkursi ganda ini memiliki berat lepas landas maksimum adalah 38.800 kg.

Kokpit depan dilengkapi dengan suite avionik terintegrasi yang menggabungkan head-up display (HUD) Elbit Su 967, tujuh layar kristal cair matriks aktif (AMLCD) dan instrumentasi kokpit utama dari Thales. Pesawat tempur Su-30MKI juga dilengkapi layar multifungsi (MFD) yang disediakan oleh Samtel Display Systems.
Spesifikasi Pesawat Tempur Su-30MKI, Padukan Teknologi Canggih Rusia dan India


Pesawat tempur Su-30MKI mengintegrasikan sistem kontrol penerbangan fly-by-wire (FBW). Layar tampilan monokromatik besar yang dipasang di kokpit belakang memberikan panduan rudal udara-ke-darat.



Pesawat tempur Su-30MKI juga dilengkapi dengan radar N011M passive electronically scanned array, OLS-30 laser-optical locator system dan Litening target designation pod untuk memandu rudal udara-ke-permukaan dan amunisi berpemandu laser. Radar N011M direncanakan akan diganti dengan radar Zhuk AESA (active, electronically scanned array) baru.

Sistem Senjata dan Penanggulangan

Pesawat tempur Su-30MKI dipersenjatai dengan meriam 30mm Gsh-30-1 dengan 150 butir amunisi. Pesawat ini memiliki 12 cantelan yang mampu membawa penyimpanan eksternal hingga 8 ton.

Pesawat dapat meluncurkan berbagai rudal udara-ke-permukaan, termasuk Kh-29L/T/TYe, Kh-31A/P, Kh-59M dan Nirbhay. Armada Su-30MKI IAF dilengkapi dengan rudal jelajah supersonik BrahMos yang dapat menyerang target dalam jarak 290 km.

Pesawat ini juga dapat membawa rudal udara-ke-udara R-27R, R-73 dan R-77 buatan Vympel, serta pod roket, bom berpemandu laser KAB-500 dan KAB-1500. Su-30MKI dilengkapi dengan radar warning receiver (RWR) tarang yang dikembangkan sendiri oleh Defense Research and Development Organization (DRDO). Pesawat ini juga mengintegrasikan dispenser sekam atau suar dan pengacau aktif.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1692 seconds (0.1#10.140)