Senin, 01 Mei 2023 - 17:25 WIB
5 Jenis Nebula yang Berikan Efek Fenomena Cahaya Cantik di Langit
Nebula, Fenomena cahaya merah di antariksa seperti yang disebut dalam Al-Quran. FOTO/ NASA
BEIJING - Nebula adalah fenomena antariksa berbentuk Cahaya Mawar Merah Raksasa yang terdiri dari konsentrasi gas, terutama hidrogen, helium, dan debu bintang.

Di seluruh alam semesta tidak hanya ada satu galaksi seperti yang diperkirakan puluhan tahun lalu, tetapi ada jutaan. Galaksi kita adalah Bima Sakti dan itu terletak di sebelah tetangga kami, Andromeda.

Seperti dilansir dari Live Science, Nebula dapat ditemukan di galaksi yang tidak teratur dan di galaksi lain yang tersedot. Mereka cukup penting di alam semesta, karena bintang-bintang lahir di dalamnya dari kondensasi dan agregasi materi.

Terlepas dari kenyataan bahwa, pada pandangan pertama, Mereka hanyalah awan gas dan debu tidak semua nebula sama. Berikut jenis Nebula untuk mengetahuinya secara detail.

1. Nebula Gelap

Nebula gelap tidak lebih dari awan gas dingin dan debu yang tidak memancarkan cahaya tampak. Bintang yang dikandungnya tersembunyi, karena tidak memancarkan jenis radiasi apa pun. Bagaimanapun, debu dari mana awan-awan ini terbentuk itu memiliki diameter hanya satu mikron.

5 Jenis Nebula yang Berikan Efek Fenomena Cahaya Cantik di Langit

Kepadatan awan ini seolah-olah seperti asap rokok. Butiran kecil material ini bersatu membentuk sejumlah molekul seperti karbon, silikat, atau lapisan es.

2. Nebula Refleksi