Senin, 01 Mei 2023 - 17:25 WIB
Tipe ini itu terdiri dari hidrogen dan debu, hidrogen adalah unsur paling melimpah di seluruh alam semesta. Nebula refleksi memiliki kemampuan untuk memantulkan cahaya tampak dari bintang.

5 Jenis Nebula yang Berikan Efek Fenomena Cahaya Cantik di Langit

Bedak ini memiliki ciri khas yaitu berwarna biru. Nebula di sekitar Pleiades adalah contoh yang sangat baik dari jenis ini.

3. Nebula Emisi

Ini adalah jenis nebula yang paling umum, nebula terlihat dan memancarkan cahaya karena energi yang mereka terima dari bintang terdekat.

5 Jenis Nebula yang Berikan Efek Fenomena Cahaya Cantik di Langit

Untuk memancarkan cahaya, atom hidrogen dieksitasi oleh sinar ultraviolet yang kuat dari bintang terdekat dan terionisasi. Ini adalah, Ia kehilangan satu-satunya elektron untuk memancarkan foton. Tindakan inilah yang menghasilkan cahaya di Nebula.

Bintang dengan tipe spektral O dapat mengionisasi gas dalam radius 350 tahun cahaya. Misalnya, Nebula Angsa atau M17 adalah nebula emisi yang ditemukan oleh Chéseaux pada tahun 1746 dan ditemukan kembali oleh Messier pada tahun 1764.

Nebula ini sangat cerah dan berwarna merah jambu. Dapat dilihat dengan mata telanjang di lintang rendah.

4. Nebula Planet