Mengenal Ophidiophobia, Rasa Takut pada Ular

Rabu, 03 Mei 2023 - 13:08 WIB
loading...
Mengenal Ophidiophobia, Rasa Takut pada Ular
Ophidiophobia adalah kondisi psikologi berupa ketakutan berlebihan atau fobia terhadap ular. Foto/Pixabay
A A A
JAKARTA - Ophidiophobia adalah kondisi psikologi berupa ketakutan berlebihan atau fobia terhadap ular . Secara umum semua orang merasa takut atau tidak nyaman dengan ular, namun ophidiophobia adalah rasa takut yang berlebihan dan tidak masuk akal.

Jika kamu merasa takut dengan ular bahkan melihat gambarnya saja sudah merinding, maka kamu mungkin mengalami ophidiophobia. Meskipun ophidiophobia dapat memengaruhi kualitas hidup seseorang, tetapi ketakutan terhadap ular sebenarnya dapat diatasi melalui terapi yang tepat.

Pertama, kenali penyebab rasa ketakutan tersebut. Mungkin kamu pernah mengalami trauma atau pernah melihat atau mendengar pengalaman yang tidak menyenangkan tentang ular.



Mengetahui penyebab dapat membantu kamu untuk mengatasi ketakutan tersebut. Selain itu, kamu juga bisa mencoba terapi perilaku kognitif.

Terapi ini bertujuan untuk membantu kamu mengubah pola pikir dan memperkuat keterampilan coping dalam mengatasi ketakutan tersebut. Terapi ini biasanya dilakukan oleh profesional seperti psikolog atau terapis.

Selain itu, ada juga terapi eksposur, yaitu dengan terpapar secara bertahap pada benda atau situasi yang menimbulkan ketakutan. Namun, terapi ini harus dilakukan dengan hati-hati dan diawasi oleh profesional untuk menghindari terjadinya trauma yang lebih parah. Berikut adalah beberapa fakta menarik seputar ophidiophobia:

1. Prevalensi Tinggi

Menurut American Psychiatric Association, sekitar 1 dari 3 orang memiliki ketakutan terhadap ular. Angka ini menunjukkan bahwa ophidiophobia adalah salah satu jenis fobia yang paling umum.

2. Penyebab Ophidiophobia

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengembangkan ketakutan terhadap ular. Antara lain pengalaman traumatis di masa lalu yang melibatkan ular, serta persepsi negatif terhadap ular yang dipengaruhi oleh lingkungan sekitar.



3. Gejala Ophidiophobia

Gejala ophidiophobia dapat bervariasi dari satu orang ke orang lain, tetapi beberapa gejala umum meliputi detak jantung yang meningkat, keringat berlebih, pusing, mual, kesulitan bernapas, dan rasa takut yang berlebihan saat melihat atau berada di dekat ular.

4. Terapi Ophidiophobia

Ada beberapa metode terapi yang dapat membantu seseorang mengatasi ketakutan terhadap ular, antara lain terapi perilaku kognitif, terapi ekspose, serta terapi obat-obatan. Terapi perilaku kognitif dapat membantu seseorang mengubah persepsinya terhadap ular, sedangkan terapi ekspose membantu seseorang terbiasa dengan keberadaan ular secara bertahap.

5. Menjaga Jarak Aman

Untuk mencegah terjadinya serangan ular pada manusia, disarankan untuk menjaga jarak aman dari ular dan tidak mengganggu atau memprovokasi mereka. Jika Anda menemukan ular di sekitar rumah atau area tempat Anda beraktivitas, sebaiknya segera menghubungi petugas penanggulangan hewan liar.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1955 seconds (0.1#10.140)