4 Gerhana Matahari Terlama di Indonesia, Nomor Terakhir hingga 11 Menit

Rabu, 03 Mei 2023 - 18:36 WIB
loading...
4 Gerhana Matahari Terlama di Indonesia, Nomor Terakhir hingga 11 Menit
Terdapat sejumlah gerhana matahari terlama di Indonesia yang bisa diketahui. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah gerhana matahari terlama di Indonesia yang bisa diketahui. Salah satunya bahkan diklaim sebagai yang terlama sepanjang milenium ini.

Gerhana matahari terjadi ketika Bulan berada tepat di antara Bumi dan Matahari sehingga bayangan bulan jatuh ke sebagian permukaan Bumi. Namun tidak seluruh tempat di bumi dapat menyaksikan gerhana ini.

Hanya daerah yang berada di dalam umbra saja yang dapat menyaksikannya menurut laman Observatorium Bosscha ITB. Karena itu gerhana matahari dikategorikan sebagai fenomena alam yang cukup langka.

Secara rata-rata, gerhana matahari baik total maupun cincin biasa terjadi antara 3 sampai 4 tahun sekali. Sedangkan lama waktu kemunculan gerhana ini hanya beberapa menit saja.


4 Gerhana Matahari Terlama di Indonesia

Indonesia sendiri telah banyak menyaksikan fenomena gerhana matahari, empat di antaranya memiliki durasi waktu yang lama.

1. Gerhana Matahari 10 Mei 2013

Pada 10 Mei 2013 lalu muncul fenomena gerhana matahari cincin di sebagian besar wilayah Indonesia, dengan durasi rata-rata sekitar 6 menit 3 detik.

Selain di Indonesia, fenomena alam yang terjadi pagi hari itu juga dapat disaksikan di wilayah Australia, New Zealand, dan Filipina bagian selatan.

2. Gerhana Matahari 22 Juli 2009

Dikutip dari laman Universitas Mercubuana, Tanggal 22 Juli 2009 terjadi gerhana Matahri Total, namun sayang Fenomena yang jarang terjadi ini tidak bisa dinikmati di wilayah Indonesia.

Fenomena alam tersebut hanya dapat disaksikan di sebagian Sumatra, Kalimantan, Sulawesi dan Irian. Durasinya sendiri sedikit lebih panjang yakni 6 menit 39 detik.


3. Gerhana Matahari 26 Januari 2009

Gerhana Matahari cincin yang terjadi pada 26 Januari 2009 ini memiliki durasi hampir mencapai 8 menit, tepatnya 7 menit 54 detik. Gerhana ini dapat terlihat di sebagian wilayah Jakarta Barat, Lampung, Belitung dan sebagian wilayah Kalimantan.

4. Gerhana Matahari 15 Januari 2010

Pada awal tahun 2010, publik di Indonesia disuguhkan pesona gerhana matahari cincin. Menurut laman LIPI, fenomena alam tersebut menjadi gerhana matahari paling lama di milenium ini.

Gerhana Matahari berdurasi 11 menit 8 detik ini melewati Afrika bagian tengah, India, dan sebagian wilayah Indonesia. Titik maksimum gerhana hanya akan terjadi di Samudra Hindia.

Wilayah di Indonesia yang bisa melihat gerhana matahari ini adalah di Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan, dan sebagian Sulawesi.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1641 seconds (0.1#10.140)