7 Fakta Acrophobia, Rasa Takut Pada Ketinggian

Kamis, 04 Mei 2023 - 14:35 WIB
loading...
7 Fakta Acrophobia, Rasa Takut Pada Ketinggian
Acrophobia adalah ketakutan berlebihan terhadap ketinggian. Foto: dok BuzzFeed
A A A
JAKARTA - Acrophobia adalah ketakutan yang sangat berlebihan terhadap ketinggian. Orang yang mengalami acrophobia mungkin merasa sangat tidak nyaman bahkan ketakutan ketika berada di ketinggian atau melihat gambaran ketinggian, seperti gedung pencakar langit, jembatan, atau gunung.

Meskipun beberapa orang mungkin merasa tidak nyaman ketika berada di ketinggian, acrophobia jauh lebih parah daripada ketidaknyamanan tersebut.

Acrophobia dapat mempengaruhi kehidupan seseorang secara signifikan dan dapat mengganggu pekerjaan, kegiatan sosial, dan bahkan aktivitas sehari-hari.

Berikut adalah 7 fakta menarik tentang acrophobia yang mungkin belum banyak diketahui:

1. Acrophobia adalah jenis fobia yang paling umum di antara jenis fobia lainnya. Menurut penelitian, sekitar 10 persen dari populasi dunia menderita Acrophobia.

2. Acrophobia tidak hanya terjadi pada orang yang berada di ketinggian ekstrem, seperti pada gedung pencakar langit atau gunung yang tinggi. Beberapa orang bahkan merasa takut pada ketinggian yang relatif rendah, seperti pada tangga atau balkon rumah.

3. Penyebab Acrophobia masih belum diketahui secara pasti, namun banyak ahli meyakini bahwa kondisi ini terkait dengan kombinasi faktor genetik dan lingkungan.

7 Fakta Acrophobia, Rasa Takut Pada Ketinggian

4. Acrophobia bisa diatasi melalui terapi perilaku kognitif dan psikoterapi. Terapi ini bertujuan untuk membantu penderita mengatasi ketakutannya melalui eksposur terkontrol pada situasi yang menimbulkan ketakutan.

5. Beberapa orang dengan Acrophobia mengalami gejala fisik ketika berada pada situasi yang menimbulkan ketakutan, seperti berkeringat, jantung berdebar, dan gemetar. Gejala ini disebut sebagai serangan panik.

6. Sebagian orang dengan Acrophobia dapat menghindari situasi yang menimbulkan ketakutan dan bahkan mengalami gangguan pada aktivitas sehari-hari. Terapi dan pengobatan yang tepat dapat membantu penderita untuk mengatasi kondisi ini.

7. Selain terapi, teknik pernapasan dalam dan meditasi juga bisa membantu penderita Acrophobia untuk mengatasi ketakutan pada ketinggian. Melakukan latihan pernapasan dalam dan meditasi secara teratur dapat membantu menenangkan pikiran dan mengurangi gejala serangan panik.



Itulah 7 fakta menarik tentang acrophobia. Acrophobia memang merupakan kondisi yang serius, namun tidak berarti tidak bisa diatasi.

Dengan bantuan terapi dan pengobatan yang tepat, penderita Acrophobia dapat mengatasi ketakutan mereka pada ketinggian dan dapat kembali menjalani aktivitas sehari-haritanpagangguan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2185 seconds (0.1#10.140)