Mengapa Anjing Tidur dengan Posisi Tubuh Melingkar, Ternyata Ini Alasannya

Kamis, 04 Mei 2023 - 22:12 WIB
loading...
Mengapa Anjing Tidur...
Anjing sebagai salah satu hewan yang sering dipelihara manusia, memiliki banyak perilaku unik. Di antaranya, anjing selalu merikuk atau tubuhnya melingkar ketika sedang tidur. Foto/Dog Discoveries
A A A
WASHINGTON - Anjing sebagai salah satu hewan yang sering dipelihara manusia, memiliki banyak perilaku unik. Di antaranya, anjing selalu merikuk atau tubuhnya melingkar ketika sedang tidur .

Sudah menjadi pemandangan umum bagi sejumlah pemilik anjing melihat peliharaannya meringkuk seperti bola sesaat sebelum tidur. Setiap perilaku anjing punya makna masing-masing dibaliknya, termasuk pose tidur.

Banyak yang menganggap bahwa ini merupakan sebuah upaya agar anjing merasa tidur dengan nyaman. Namun nyatanya ada alasan lain mengapa anjing melakukannya.



Asisten Profesor Kedokteran Perilaku di North Carolina State University, Margaret Gruen mengatakan bahwa ketika anjing tidur di alam liar, mereka cenderung menggali sarang dan meringkuk di dalamnya. Hal ini sering mereka lakukan, terutama dalam cuaca dingin.

“(Posisi) ini memberi mereka kehangatan. Menyelipkan ke dalam lingkaran menghemat panas tubuh. Posisi itu juga melindungi organ yang paling rentan di perut dari calon predator,” ungkap Gruen dilansir dari Mental Floss, Kamis (4/5/2023).

Anjing juga membuat sarangnya sendiri di alam liar sebagai tempatnya untuk meringkuk ketika sedang tidur. Selain itu, tempat ini dijadikan sebagai lokasi bertahan dan persembunyian dari ancaman eksternal.



Tak hanya di alam liar, anjing peliharaan rumah pun tidak jarang terlihat menunjukkan perilaku meringkuk sebelum tidur. Hal ini sudah menjadi naluri seekor anjing sebagai antisipasi kondisi berbahaya sekaligus menghangatkan tubuhnya.
(wib)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2277 seconds (0.1#10.140)