11 Perilaku Aneh Hewan Liar, Ada Buaya Selamatkan Anjing

Rabu, 27 Desember 2023 - 08:37 WIB
loading...
11 Perilaku Aneh Hewan Liar, Ada Buaya Selamatkan Anjing
Buaya Amerika betina (Crocodylus acutus) bertelur di taman reptil di Kosta Rika tanpa pasangan. (Foto: Live Science)
A A A
JAKARTA - Alam selalu penuh dengan kejutan. Termasuk perilaku hewan yang seringkali tidak terduga dan membuat terperangah dengan perilaku tak biasa.

Sepanjang 2023 dan tahun-tahun sebelumnya tercatat banyak peristiwa aneh terkait hewan liar. Mulai dari kanguru mencoba menenggelamkan anjing hingga buaya baik hati yang menyelamatkan anjing dari maut, alih-alih memakannya.

Dilansir dari Live Science, Rabu (27/12/2023), berikut 11 perilaku aneh hewan liar dari berbagai penjuru dunia.

1. Kanguru mencoba menenggelamkan anjing


Pada bulan Oktober 2023, seorang pria merekam video seekor kanguru mencoba menenggelamkan anjingnya. Mick Moloney harus menyelamatkan anjingnya, Hutchy, dari Sungai Murray di Victoria, Australia, setelah kanguru betina mencelupkan kepala Hutchy ke air. Moloney berhasil menyelamatkan Hutchy tetapi mendapat pukulan dari kanguru.


2. Buaya perawan melahirkan


Peneliti mengumumkan " kelahiran perawan " pertama pada buaya pada bulan Juni 2023. Seekor buaya Amerika betina (Crocodylus acutus) bertelur di taman reptil di Kosta Rika setelah sendirian selama 16 tahun. Bentuk reproduksi aseksual ini sebelumnya belum pernah didokumentasikan pada buaya, meskipun dikenal terjadi pada kadal, ular, burung, dan hiu.

Meski akhirnya telur buaya tersebut tidak menetas, namun analisis genetik dari embrio di salah satu telur menunjukkan bahwa hampir identik dengan ibunya. Para penulis studi mencatat bahwa keturunan yang lahir dengan cara ini seringkali mengalami kelainan dan tidak bertahan hidup.

3. Lumba-lumba menjarah perangkap kepiting


Lumba-lumba hidung botol terekam mencuri umpan dari para nelayan di Australia barat. Lumba-lumba menggunakan hidung dan giginya untuk mencuri ikan dari jaring yang seharusnya untuk kepiting. Konservasionis satwa liar merekam perilaku ini untuk pertama kalinya pada 2023, mengungkapkan berbagai cara lumba-lumba belajar untuk membuka perangkap nelayan.

"Versi paling dasar adalah bahwa lumba-lumba mengambil umpan yang ada di kail atau pin logam di dalam perangkap kepiting," kata pembuat film Axel Grossmann.

Ketika para nelayan mencoba meletakkan umpan di bawah perangkap, lumba-lumba belajar untuk membaliknya, dan ketika mereka mencoba menggunakan kotak umpan, lumba-lumba belajar untuk membukanya. Akhirnya, nelayan dan konservasionis mengembangkan desain yang tahan lumba-lumba.

4. Gajah mengupas pisang


Seekor gajah di kebun binatang belajar cara mengupas pisang dengan menonton penjaga kebun binatang. Pha, seekor gajah Asia betina (Elephas maximus) di Kebun Binatang Berlin, Jerman, mencabut tangkai pisang, menjepit kulit yang koyak dengan belalainya, dan menggunakan berat buah untuk mengupasnya. Ini adalah varian cerdas dari metode manusia, yang biasanya melibatkan dua tangan dan ibu jari yang dapat digerakkan.

Penjaga di kebun binatang dulu memberi makan Pha pisang yang sudah dikupas ketika dia masih anak gajah, itulah kemungkinan tempat dia mendapatkan ide tersebut. Pha hanya mengupas pisang yang sudah matang dengan bercak cokelat. Dia memakan pisang berwarna hijau dan kuning secara utuh dan menolak pisang yang sudah berwarna cokelat. Ketika diberi makan dalam kelompok di mana pisangnya mungkin dicuri oleh gajah lapar lainnya, dia hanya mengupas pisang terakhirnya.

5. Buaya menyelamatkan anjing


Tiga buaya mugger membantu seekor anjing muda yang telah dikejar ke sungai oleh sekelompok anjing liar dengan mendorongnya ke tempat yang aman. Para peneliti yang menyaksikan peristiwa tersebut mengartikan tindakan buaya ini sebagai empati.

Mereka juga melaporkan spesies ini tampaknya menggunakan ranting sebagai umpan untuk menangkap burung yang sedang bertelur dan tertarik pada bunga. Namun, seorang ahli independen meragukan temuan mereka. "Buaya memiliki seperangkat perilaku yang canggih," kata Duncan Leitch, seorang biolog yang mengkhususkan diri dalam neurofisiologi reptil di University of California, Los Angeles.


6. Paus bermain rumput laut


Peneliti pertama kali mendokumentasikan paus humpback bermain dengan rumput laut pada 2007, tetapi perilaku ini, yang dikenal sebagai kelping, sekarang begitu umum sehingga telah menjadi fenomena global.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3425 seconds (0.1#10.140)