Berlangsung 4 Jam, Begini Proses Terjadinya Fenomena Gerhana Bulan Penumbra Hari Ini

Jum'at, 05 Mei 2023 - 06:50 WIB
loading...
Berlangsung 4 Jam, Begini Proses Terjadinya Fenomena Gerhana Bulan Penumbra Hari Ini
Gerhana Bulan Penumbra akan berlangsung selama 4 jam hari ini dan besok. Foto: dok Shutterstock
A A A
JAKARTA - Fenomena langit Gerhana Bulan Penumbra bakal berlangsung hari ini dan besok 5-6 Mei 2023. Gerhana Bulan Penumbra bisa disaksikan di sejumlah negara, termasuk Indonesia dalam durasi yang cukup lama. Yakni selama 4 jam 17 menit.

Gerhana Bulan Penumbra merupakan salah satu dari 3 jenis gerhana bulan yang umum. Dua gerhana lainnya disebut dengan gerhana total dan gerhana sebagian.

Gerhana Bulan Total biasanya memiliki karakteristik berwarna merah dan terjadi ketika permukaan Bulan sepenuhnya dalam bayang-bayang Bumi.

Sementara Gerhana Bulan Sebagian merupakan suatu fenomena ketika hanya sebagian Bulan yang tertutup oleh bayangan planet Bumi.

Fenomena Gerhana Bulan Penumbra yang akan hari ini dan besok merupakan peristiwa saat Bulan melintasi bayangan penumbra Bumi.

Dilansir dari IFL Science, saat peristiwa ini terjadi, Bulan akan berada dalam kondisi redup 96,4 persen dalam beberapa jam saat terjadi puncak gerhana.

Hal ini terjadi lantaran seluruh permukaan Bulan berada di penumbra, bukan bayangan penuh (umbra) sehingga satelit Bumi itu tidak terlihat gelap.

Fenomena Gerhana Penumbra terjadi ketika Matahari, Bumi, dan Bulan dalam posisi sejajar. Namun pada kenyataannya, benda-benda langit itu tidak selalu sejajar sempurna saat terjadi gerhana.

Oleh karena itulah hanya menutupi sebagian Matahari. Hal ini bisa dibuktikan apabila seseorang berada di permukaan bulan akan melihat sebagian piringan Bumi menutupi Matahari. Namun jika diamati dari Bumi, posisi benda-benda langit ini akan menampilkan Bulan yang lebih redup.

Fenomena Gerhana Bulan Penumbra diketahui juga terjadi di Amerika Serikat dan sebagian kecil Barat Laut Eropa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2670 seconds (0.1#10.140)