Kasus Pertama, Katak Pohon Brasil Jadi Spesies Amfibi Penyerbuk Bunga

Sabtu, 06 Mei 2023 - 09:31 WIB
loading...
Kasus Pertama, Katak Pohon Brasil Jadi Spesies Amfibi Penyerbuk Bunga
Katak pohon Brasil Izecksohn (Xenohyla truncata) ditemukan menjadi spesies amfibi pertama yang menyerbuki bunga. Foto/Science/Carlos Henrique de-Oliveira-Nogueira
A A A
BRASILIA - Katak pohon Brasil Izecksohn (Xenohyla truncata) ditemukan menjadi spesies amfibi pertama yang menyerbuki bunga. Padahal selama ini spesies penyerbuk bunga yang sudah dikenal, adalah lebah, kelelawar, dan burung.

Para ilmuwan Brasil telah mengamati kasus pertama amfibi yang menyerbuki tanaman berbunga yang dilakukan katak pohon Izecksohn. Penyerbukan ini dilakukan terkait kebiasaan katak pohon Izecksohn yang gemar menyeruput nektar manis di dalam bunga umbi.

Katak pohon Izecksohn membenamkan diri dalam kelopak bunga ketika mengisap nektarnya. Saat katak muncul untuk mencari udara, serbuk sari yang menempel di tubuhnya tersebar saat melompat dari bunga ke bunga di hutan.



“Ini adalah pertama kalinya perilaku ini (katak secara aktif mencari buah dan bunga) terlihat dan didokumentasikan,” kata Carlos Henrique de-Oliveira-Nogueira, seorang mahasiswa pascasarjana di Universitas Federal Mato Grosso do Sul di Brasil, kepada Live Science, Sabtu (6/5/2023).

Para ilmuwan terkejut melihat perilaku katak pohon yang mengisap nektar bunga, karena kebanyakan spesies ini memakan ngengat dan serangga kecil. “Kami mengamati individu-individu (katak) yang memasuki bunga besar dan meninggalkannya tertutup serbuk sari tanpa merusak struktur bunga,” ujar Carlos Henrique de-Oliveira-Nogueira.
Kasus Pertama, Katak Pohon Brasil Jadi Spesies Amfibi Penyerbuk Bunga


Namun, dia akan melakukan penelitian lebih lanjut sebelum spesies ini dapat diklasifikasikan sebagai penyerbuk yang bonafide. “Spesies ini memenuhi beberapa persyaratan untuk menjadi penyerbuk, tapi kami masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk benar-benar membuktikannya,” tambah Carlos Henrique de-Oliveira-Nogueira.



Felipe Amorim, ahli ekologi penyerbukan di Universitas Negeri Sao Paulo di Brasil yang tidak terlibat dalam penelitian ini, setuju dengan langkah itu untuk mendapatkan data detail tentang katak pohon penyerbuk bunga. “Mereka adalah katak pengunjung bunga, kami harus banyak belajar tentang interaksi ini,” tegasnya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2488 seconds (0.1#10.140)