Misi Gagal, Pesawat Jupiter Eropa Meledak dan Tersangkut di Luar Angkasa

Minggu, 14 Mei 2023 - 12:20 WIB
loading...
Misi Gagal, Pesawat Jupiter Eropa Meledak dan Tersangkut di Luar Angkasa
Pesawat Jupiter tersangkut di luar angkasa. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Pesawat luar angkasa Eropa, Jupiter Explorer atau Jupiter Icy Moons Explorer yang dijuluki JUS, mengalami kecelakaan. Pesawat meledak dan antenanya terangkut di luar angkasa.

Dilansir dari laman Phys, pesawat itu meledak pada April, setelah satu dekade melakukan perjalanan luar angkasa.

"Segera setelah diluncurkan, pin kecil menolak untuk mengalah dan mencegah antena untuk membuka sepenuhnya," tulis laman itu, dikutip Minggu (14/5/2023).



Setelah hampir sebulan penuh melakukan usaha pembebasan oleh pengendali Jerman, antena sepanjang 16 meter itu akhirnya bisa dilepaskan dari sangkutan.

"Pengontrol mencoba mengguncang dan menghangatkan pesawat ruang angkasa untuk mendapatkan pin untuk bergerak hanya dengan milimeter dan akhirnya berhasil," sambungnya.



Antena radar akan mengintip jauh di bawah kerak es dari tiga bulan Jupiter yang diduga menyimpan lautan bawah tanah. Bulan-bulan itu adalah Callisto, Europa, dan Ganymede atau bulan terbesar di tata surya.

"Jus akan berusaha untuk pergi ke orbit di sekitar Ganymede," tambahnya

Tetapi nahas, pesawat ruang angkasa itu mengalami kecelakaan dan misi pun gagal atau berhenti. Sekarang, pesawat luar angkasa itu akan kembali menuju ke bumi.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1817 seconds (0.1#10.140)