SpaceX Sukses Luncurkan Misi Astronot Pribadi Ax-2 ke ISS, Termasuk Astronot Wanita Arab Saudi Pertama

Senin, 22 Mei 2023 - 19:42 WIB
loading...
SpaceX Sukses Luncurkan Misi Astronot Pribadi Ax-2 ke ISS, Termasuk Astronot Wanita Arab Saudi Pertama
Roket SpaceX Falcon 9 berhasil meluncurkan misi Ax-2 dari Launch Complex 39A di Kennedy Space Center NASA, Florida Minggu 21 Mei 2023 waktu setempat. Foto/SpaceX
A A A
FLORIDA - Roket SpaceX Falcon 9 berhasil meluncurkan misi Ax-2 dari Launch Complex 39A di Kennedy Space Center NASA, Florida Minggu 21 Mei 2023 waktu setempat. Misi ini membawa 4 awak astronot swasta, yaitu Komandan Peggy Whitson, Pilot John Shoffner, serta Spesialis Misi Ali Alqarni dan Rayyanah Barnawi dari Saudi Space Commission (SSC).

Para kru akan menghabiskan 10 hari misi tinggal dan bekerja di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), Mereka akan melakukan lebih dari 20 percobaan penelitian di berbagai bidang sains dan teknologi khusus.

Kapsul Dragon SpaceX diperkirakan akan berlabuh ke pelabuhan modul ISS Harmony yang menghadap ke luar angkasa pada Senin, 22 Mei 2023. Setelah peluncuran dan pementasan yang sukses, tahap pertama roket Falcon 9 Ax-2 melakukan dorongan kembali untuk kembali ke Zona Pendaratan SpaceX-1, yang tidak jauh dari Pad 39A.



“Pertama-tama saya ingin mengucapkan selamat kepada Peggy, John, Ali, dan Rayyanah, yang telah memulai misi bersejarah ini. Kami mengantarkan era baru dalam penerbangan luar angkasa manusia secara komersial,” kata Michael Suffredini, presiden dan CEO Axiom Space dikutip dari laman techeblog.

Pesawat luar angkasa SpaceX Dragon milik Ax-2, bernama Freedom, terpisah dari bagian atas Falcon 9 sekitar 12 menit setelah lepas landas sesuai rencana. Booster mendarat dengan selamat di lokasi sekitar tujuh menit dan 45 detik setelah diluncurkan.

“Terima kasih telah menaruh kepercayaan Anda pada tim Falcon 9. Semoga Anda menikmati perjalanan ke luar angkasa bersama Dragon,” kata chief engineer SpaceX Bill Gerstenmaier kepada kru Ax-2.
SpaceX Sukses Luncurkan Misi Astronot Pribadi Ax-2 ke ISS, Termasuk Astronot Wanita Arab Saudi Pertama


Peluncuran SpaceX Dragon menjadi catatan sejarah sebagai misi yang mengirimkan astronot ke-600 ke luar angkasa. Shoffner dan Ali Alqarni yang baru pertama kali mengikuti misi ke luar angkasa tercatat sebagai astronot ke-598 dan 599.



Sedangkan, Barnawi menjadi astronot ke-600 yang dikirim ke luar angkasa, sekaligus sebagai astronot wanita ke-72. Barnawi juga sekarang menjadi wanita Arab Saudi pertama yang terbang di luar angkasa dan wanita Arab pertama yang mengorbit di Bumi

“Saya begitu bersemangat untuk mewakili Kerajaan Arab Saudi dan Komisi Luar Angkasa Saudi dalam misi bersejarah ini. Merupakan kehormatan sejati untuk menjadi bagian dari misi ke Orbit bumi dan menjadi orang ke-600 yang mengelilingi bumi,” katanya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1896 seconds (0.1#10.140)