Tingkat Polusi Tinggi, Nepal Masuk Daftar Negara dengan Udara Paling Kotor Sedunia

Selasa, 06 Juni 2023 - 11:04 WIB
loading...
Tingkat Polusi Tinggi, Nepal Masuk Daftar Negara dengan Udara Paling Kotor Sedunia
Udara di Nepal tercatat menjadi yang terburuk di dunia. FOTO/ AFP
A A A
LONDON - Nepal terdaftar sebagai negara paling tercemar di dunia. University of Oxford mencatat negara Asia Selatan itu rata-rata terpapar 99,73 mikrogram per meter kubik partikel halus di udara, sepanjang tahun.



Para ahli menggambarkan angka tersebut hampir 20 kali lebih tinggi dari batas mengkhawatirkan yang ditetapkan dalam pedoman polusi udara Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Seperti dilansir dari AFP, Selasa (6/6/2023), WHO menyatakan bahwa konsentrasi tahunan rata-rata partikel halus PM2.5 tidak boleh melebihi 5 mikrogram per meter kubik.

Nigeria berada di posisi kedua dengan 94,05 mikrogram per meter kubik sementara Qatar mencatat 91,19 mikrogram di posisi ketiga.

Para peneliti mengatakan konsentrasi polusi udara di seluruh Afrika Utara juga sangat tinggi, sebagian karena kondisi yang lebih kering dengan peningkatan partikel pasir dan debu.

Melengkapi lima besar negara dengan kualitas udara terburuk adalah India, di mana negara berpenduduk 1,4 miliar itu terpapar tingkat polusi 90,87 mikrogram dan Arab Saudi yang mencatat total 87,95 mikrogram.

Finlandia berada di urutan teratas daftar negara dengan tingkat polusi paling rendah dengan paparan tahunan terendah 5,86 mikrogram, diikuti oleh Brunei di tempat kedua yang hanya terpapar 5,9 mikrogram.

Selandia Baru, Swedia, Kanada, dan Islandia juga mencatat tingkat polutan udara yang rendah, namun angka yang tercatat masih melebihi angka aman udara yang ditetapkan WHO.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3279 seconds (0.1#10.140)