10 Batu Mulia Termahal di Dunia, Nomor 1 Digunakan untuk Baterai Mobil Listrik

Rabu, 07 Juni 2023 - 09:40 WIB
loading...
10 Batu Mulia Termahal di Dunia, Nomor 1 Digunakan untuk Baterai Mobil Listrik
Berlian merupakan batu mulia paling populer. Foto/Wealthgorilla
A A A
JAKARTA - Selain emas, batu mulia menjadi simbol kekayaan bagi orang kaya. Mereka mengoleksi berbagai batu mulai sebagai investasi dan tabungan. Selain itu, batu mulia juga menjadi perhiasan yang menunjukkan status sosial.

Tak mengherankan jika para penambang harus berburu batu mulia dari pegunungan hingga ke lembah. Mereka harus menjelajahi wilayah terpencil untuk menemukan batu mulia tersebut. Semua itu demi uang dalam jumlah besar.

Berikut merupakan daftar 10 batu mulia termahal di dunia.

10. Rhodium – USD435 (Rp6,4 juta) Per Gram

10 Batu Mulia Termahal di Dunia, Nomor 1 Digunakan untuk Baterai Mobil Listrik

Foto/wealthygorilla
Rhodium merupakan salah satu batu mulia paling langka yang ditemukan di bawah permukaan bumi. Kelangkaan inilah yang memengaruhi harga dan penggunaan komersialnya.

Meskipun rhodium memang memiliki kegunaan dalam perhiasan dan dekorasi, biasanya dilapisi dengan emas putih atau platinum untuk memberikan permukaan reflektif. Pemanfaatan komersiallah yang benar-benar membuat batu mulia ini mahal.

Melansir Wealthy Gorilla, Batu mulia tersebut terutama digunakan dalam industri otomotif untuk pengubah katalitik atau mengubah hidrokarbon yang tidak terbakar menjadi gas yang tidak terlalu berbahaya.

Dari 30.000 kg rhodium yang digunakan di seluruh dunia pada 2012, 81% digunakan untuk industri otomotif, sedangkan sisanya digunakan dalam pembuatan kaca dan bahan kimia.

Meskipun batu mulia putih keperakan ini mungkin tidak tampak mengesankan dengan sendirinya, tetapi permintaannya pasti tinggi. Itu menjadikan salah satu sumber batu mulia termahal di dunia.


9. Berlian – USD1.800 (Rp26,7 juta) Per Karat

Berlian menjadi sahabat perempuan, tetapi juga merupakan batu mulia yang dapat menghasilkan banyak uang.

Meskipun kelihatannya berlian ada di mana-mana, mereka sebenarnya adalah batu mulia yang sangat langka, dengan sebagian besar konsentrasi terbatas dalam cakupannya.

Batu mulia ini berasal dari lapisan dalam bumi dan, sebelum abad ke-20, sebagian besar berlian berasal dari endapan aluvial yang tercipta dari lempung lepas, pasir, dan lanau yang diendapkan oleh air mengalir.

Saat ini, De Beers telah menjadi perusahaan pertambangan berlian terbesar di dunia, dan telah memproduksi berlian sejak didirikan pada 1888. Perusahaan ini memiliki tambang di Namibia, Afrika Selatan, Kanada, dan Australia, tempat mereka menggali sebagian besar berlian yang beredar saat ini.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3187 seconds (0.1#10.140)