10 Batu Mulia Termahal di Dunia, Nomor 1 Digunakan untuk Baterai Mobil Listrik

Rabu, 07 Juni 2023 - 09:40 WIB
loading...
A A A
Meskipun banyak orang akrab dengan berlian putih, beberapa yang paling mahal yang pernah dijual adalah berlian merah dan berlian merah muda, dua variasi berlian berwarna mewah yang bahkan lebih langka daripada berlian putih.

Meskipun berlian umumnya dianggap sebagai permata yang digunakan untuk membuat beberapa cincin pertunangan termahal di dunia, berlian juga memiliki banyak aplikasi lain dan dapat ditemukan di mata bor, gergaji, dan heatsink untuk rangkaian elektronik.

8. Rubi – USD435 (Rp6,4 juta) Per Gram

10 Batu Mulia Termahal di Dunia, Nomor 1 Digunakan untuk Baterai Mobil Listrik

Foto/Wealthgorilla

Meskipun USD435 mungkin tidak terdengar besar untuk sebuah rubi, tapi pertimbangkan betapa kecilnya satu gram sebenarnya.

Batu rubi merupakan beberapa batu mulia termahal di dunia, dan batu rubi murni yang besar dapat dijual dengan harga yang mengejutkan.

Misalnya, Sunrise Ruby, yang dipuji sebagai salah satu batu permata paling langka di dunia. Rubi tersebut dengan berat 25,59 karat dan dijual di lelang Sotheby di Jenewa seharga USD30,42 juta!

Kualitas keseluruhan batu rubi tidak hanya ditentukan oleh warna dan potongannya, tetapi juga oleh berat karat dan kemurniannya.

Batu rubi yang berwarna merah terang, dikenal dengan darah merpati, adalah yang paling banyak dicari.

Sementara Myanmar telah lama menjadi penghasil batu rubi terbesar di dunia, hal ini telah menyusut dalam beberapa tahun terakhir. Diperkirakan ada banyak batu rubi di Kashmir Pakistan yang jumlahnya bisa mencapai setengah miliar dolar. Namun, karena kurangnya investasi, hanya satu tambang di daerah tersebut yang saat ini berfungsi.


7. Platinum – USD1680 (Rp24 juta) Per Ons

Batu mulia mahal ini harganya lebih mahal per onsnya dari pada beberapa logam mulia termahal di dunia.

Sebagai batu mulia langka, hanya beberapa ratus ton yang diproduksi setiap tahunnya dengan mayoritas suplai berasal dari Afrika Selatan.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1816 seconds (0.1#10.140)