10 Batu Mulia Termahal di Dunia, Nomor 1 Digunakan untuk Baterai Mobil Listrik

Rabu, 07 Juni 2023 - 09:40 WIB
loading...
A A A
Karena emas tahan terhadap korosi dan memiliki konduktivitas yang kuat, emas sering digunakan dalam konektor listrik yang terdapat di banyak perangkat elektronik.

Sebagai salah satu batu mulia termahal, berinvestasi dalam emas, apakah itu koin emas, batangan, atau perhiasan, telah menjadi bahan pokok yang populer di kalangan orang kaya, yang sangat memperhatikan nilainya yang berfluktuasi.

5. Painite – USD55.000 (Rp806 juta) Per Karat

Painite relatif baru ditemukan dan jelas merupakan salah satu batu mulia termahal.

Batu mulia borat ini pertama kali digali di Myanmar, di mana awalnya disalahartikan sebagai batu delima, sebelum dipastikan sebagai formasi batu mulia baru.

Penemuannya pada , hanya dua kristal painite berikutnya yang pernah ditemukan, namun ribuan telah ditemukan di wilayah Myanmar lainnya.

Meskipun permata ini sangat tahan terhadap goresan, menjadikannya bagus untuk perhiasan, Anda pasti akan membayar mahal, karena harga rata-rata untuk satu karat bisa mencapai USD55.000 dan, dalam beberapa kasus, USD60.000.

4. Garnet Biru – USD1,5 Juta (Rp22,5 juta) Per Karat

10 Batu Mulia Termahal di Dunia, Nomor 1 Digunakan untuk Baterai Mobil Listrik

Foto/Wealthgorilla

Garnet telah digunakan sejak Zaman Perunggu sebagai perhiasan dan abrasif, tetapi baru pada tahun 1990 garnet biru yang sangat langka ditemukan di Madagaskar.

Sementara batu mulia mahal ini telah ditemukan dalam jumlah kecil di AS, Kenya, Rusia, Turki, dan Tanzania, itu masih merupakan bentuk garnet yang paling langka.

Apa yang benar-benar istimewa tentang garnet biru adalah dapat berubah warna dari biru-hijau menjadi ungu, tergantung pada cahaya yang dilihatnya. Ini karena tingginya jumlah vanadium, logam keras berwarna abu-abu keperakan, yang terkandung dalam batu mulia ini. Karena efek perubahan warna ini, garnet biru terkadang menyerupai alexandrite, salah satu batu permata termahal.

3. Serendibite – USD1,8 Juta (Rp26,7 juta) Per Karat

Dengan biaya USD1,8 juta per karat, serendibite telah mendapatkan lebih dari tempatnya sebagai salah satu batu mulia termahal di dunia.

Pertama kali ditemukan pada 1902 di Sri Lanka, serendibite paling sering ditemukan di batuan metamorf keras dan memiliki rona hijau-biru atau ungu-biru, yang membantu mengidentifikasinya.

Namun, spesimen serendibite juga telah ditemukan di Burma, di mana mereka dapat terlihat berwarna hijau tua hingga hampir hitam.

2. Jadeite – USD3 Juta (Rp44,5 juta) Per Karat

10 Batu Mulia Termahal di Dunia, Nomor 1 Digunakan untuk Baterai Mobil Listrik

Foto/Wealthgorilla
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1642 seconds (0.1#10.140)