10 Batu Mulia Termahal di Dunia, Nomor 1 Digunakan untuk Baterai Mobil Listrik

Rabu, 07 Juni 2023 - 09:40 WIB
loading...
A A A
Platinum diinginkan sebagai salah satu logam yang paling tidak reaktif, serta kemampuannya menahan korosi, bahkan di bawah suhu tinggi.

Adalah orang Amerika Selatan pra-Columbus yang pertama kali menggunakan platinum, dan baru pada abad ke-16 platinum muncul dalam tulisan Eropa.

Seiring dengan rhodium, platinum digunakan dalam konverter katalitik, tetapi juga dapat ditemukan di peralatan laboratorium, peralatan gigi, dan elektroda.

Meskipun platinum murni masih lebih murah daripada emas murni, platina sering digunakan sebagai simbol prestise yang lebih besar.

Di antara catatan platinum dan paket kartu kredit platinum, logam mulia ini pasti mendapatkan tempat yang tinggi di mata publik.

6. Emas – USD1.727 (Rp25,6 juta) Per Ons

Beberapa koin termahal di dunia dibuat dari emas, belum lagi semua perhiasan dengan kualitas terbaik.

Emas umumnya ditemukan sebagai bongkahan, di dalam batuan, di urat, atau di endapan aluvial.

Endapan yang tersapu dalam endapan inilah yang menyebabkan Demam Emas California, yang menyebabkan ribuan orang mengintai dasar sungai dan aliran air mencoba mencari nafkah melalui mendulang.

Sungai Emas yang kurang dikenal di Nova Scotia adalah lokasi bersejarah lainnya di mana aliran air akan mengikis emas dari bebatuan yang membawanya ke hilir hingga endapan aluvial.

Meskipun merupakan batu mulia yang relatif langka, emas adalah salah satu dari empat logam mulia utama dan memiliki banyak kegunaan di luar perhiasan, dan saat ini China adalah produsen terbesar di dunia, menambang hingga 440 ton setiap tahun.

Sementara 50% dari semua emas yang ditambang digunakan untuk perhiasan, 40% untuk investasi, dan 10% sisanya digunakan dalam industri.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2104 seconds (0.1#10.140)