5 Fakta Menarik Makhluk Campuran Manusia-Monyet Hasil Karya Ilmuwan Amerika Serikat

Kamis, 08 Juni 2023 - 11:19 WIB
Namun, setelah 19 hari, hanya ada tiga embrio chimera yang bertahan hidup, dan semuanya memiliki persentase sel manusia yang tinggi. Sayangnya, semua embrio ini harus dihancurkan dalam waktu 20 hari sejak penciptaannya.

3. Sejarah Penelitian Chimera

Pembuatan chimera sebenarnya telah dilakukan sejak tahun 1970-an, meskipun dengan tingkat keberhasilan yang bervariasi.

Penelitian ini umumnya dilakukan pada hewan pengerat, tetapi belakangan ini melibatkan penggunaan DNA babi dan domba.

Pentingnya teknologi yang memungkinkan embrio monyet bertahan hidup di luar tubuh untuk jangka waktu yang lama juga telah dikembangkan oleh Weizhi Ji dan timnya di Universitas Sains dan Teknologi Kunming di Yunnan, China.

Para peneliti dapat menganalisis sampel untuk menentukan komunikasi antara monyet dan sel manusia yang layak untuk generasi chimera masa depan.

4. Kemungkinan Pengembangan Chimera Masa Depan

Penelitian ini membuka kemungkinan untuk menghasilkan chimera masa depan dengan spesies yang genetiknya lebih jauh dari manusia daripada monyet. Hal ini membuka jalan bagi penelitian yang unik, termasuk pengembangan organ yang dapat ditransplantasikan ke manusia tetapi tumbuh pada hewan.

Para peneliti sangat berhati-hati dalam mempertimbangkan berbagai konsultasi etika sebelum menciptakan embrio chimera manusia-monyet ini dan mereka terus berkoordinasi dengan regulator untuk memastikan kepatuhan pada pertimbangan etika.

5. Keuntungan dan Tantangan dalam Penelitian Ini