Ini 5 Pohon Tertinggi di Dunia, Ada yang Melebihi Gedung 35 Lantai

Kamis, 08 Juni 2023 - 16:03 WIB
loading...
Ini 5 Pohon Tertinggi di Dunia, Ada yang Melebihi Gedung 35 Lantai
Terdapat sejumlah pohon tertinggi di dunia yang mungkin banyak diketahui orang. Salah satunya Hyperion. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah pohon tertinggi di dunia yang mungkin banyak diketahui orang. Salah satunya bahkan dikatakan melebihi tinggi gedung bertingkat 35 lantai.

Berbicara tentang pohon, tentu tidak mengherankan apabila bisa memiliki ukuran yang sangat tinggi. Dengan akar yang tertanam kuat di tanah, pohon-pohon ini telah tumbuh menjulang tinggi seiring waktu.



Lantas, pohon apa sajakah yang termasuk paling tinggi di dunia? Berikut beberapa di antaranya!

Daftar Pohon Tertinggi di Dunia

1. Hyperion

Hyperion adalah pohon redwood pantai (sequoia sempervirens). Mengutip TreeHugger, pohon ini dicatat Guinness World Records sebagai yang tertinggi di dunia.

Ditemukan pertama kali tahun 2006, Hyperion memiliki tinggi mencapai 380 kaki lebih 9,7 inci atau sekitar 116,07 meter. Angka ini diperkirakan lebih tinggi jika dibandingkan dengan gedung 35 lantai.

Pohon pencakar langit ini diperkirakan berusia antara 700 hingga 800 tahun. Jika bukan karena kerusakannya oleh burung pelatuk, Hyperion mungkin bisa tumbuh lebih tinggi lagi.

2. Menara

Pohon tropis ini memiliki ukuran sekitar 330 kaki atau 100,8 meter. Mengutip Live Science, bentuknya yang sangat tinggi membuat para ilmuwan mengenalnya dengan nama ‘Menara’.

Menara merupakan salah satu jenis pohon tropis yang dikenal sebagai Yellow Meranti (Shorea Faguetiana). Spesies tersebut adalah anggota Dipterocarpaceae yang tumbuh subur di hutan hujan dataran lembab Asia Tenggara.


3. Centurion

Berikutnya ada Centurion. Berada di Arve Valley, Australia, pohon Eucalyptus regnans ini diketahui sebagai salah satu yang tertinggi di dunia.

Adapun tingginya sendiri mencapai 327,5 kaki atau sekitar 100 meter. Di samping itu, Centurion juga diklaim memiliki popularitas menonjol dalam statusnya sebagai pohon tertinggi.

4. Doerner Fir

Doerner Fir (Pseudotsuga menziesii) berada di Coos County, Oregon. Memiliki tinggi 327 kaki (99,7 meter), pohon ini bersaing ketat dengan Centurion.

Melihat riwayatnya, Doerner Fir ditemukan sekitar tahun 1989. Adapun penamaannya sendiri konon diambil dari nama masyarakat setempat yang memiliki hubungan.

5. Raven’s Tower

Lokasi asli Raven’s Tower memang dirahasiakan. Namun, letaknya adalah di kawasan Prairie Creek Redwood State Park, California Utara.

Ditemukan Michael Taylor sekitar tahun 2001, Raven’s Tower memiliki tinggi 317 kaki atau sekitar 96,7 meter. Hal ini menempatkannya sebagai salah satu pohon tertinggi di dunia.

Itulah deretan pohon tertinggi di dunia yang menarik diketahui.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2401 seconds (0.1#10.140)