Drone Zala Lancet Rusia Bikin Tank Leopard 2 Ukraina Ringsek, Ini Rahasia Kehebatannya

Minggu, 11 Juni 2023 - 14:56 WIB
loading...
Drone Zala Lancet Rusia Bikin Tank Leopard 2 Ukraina Ringsek, Ini Rahasia Kehebatannya
Tank Leopard 2 bantuan sejumlah negara NATO untuk Ukraina dibuat tak berdaya dan hancur disengat drone tempur Zala Lancet. Foto/Defence Blog/Bulgarian Military
A A A
MOSKOW - Drone tempur Zala Lancet Rusia ternyata menjadi aktor di balik kesuksesan menghancurkan tank Leopard 2 Ukraina. Tank Leopard 2 bantuan sejumlah negara NATO untuk Ukraina dibuat tak berdaya dan hancur disengat drone tempur Zala Lancet.

Sejak dimulainya serangan balik Ukraina, tentara Rusia sangat sering menggunakan drone Zala Lancet. Secara khusus Rusia menggunakan modifikasi drone Zala Lancet terbaru, yaitu Lancet-3 FPV untuk menghancurkan tank Leopard 2A4 dan Leopard 2A6.

Dikutip dari laman Bulgarian Military, Minggu (11/6/2023), drone Zala Lancet-3 FPV (first-person view/tampilan orang pertama) adalah kendaraan udara tak berawak yang dikendalikan oleh operator. Selain pengontrol, operator dapat menggunakan kacamata augmented reality (AR).



Drone ini mentransmisikan sinyal video langsung ke kacamata operator, sehingga dapat melihat jalur penerbangan drone dengan lebih baik. Terdapat juga kamera di drone FPV yang menangkap video atau foto dan mengirimkannya ke operator.

Drone Lancet-3 FPV diproduksi perusahaan ZALA Aero Group bagian dari Concern Kalashnikov. Drone Zala Lancet-3 FPV merupakan peningkatan dari Lancet-1 dengan mengubah hulu ledaknya.

“Drone Lancet telah membuktikan kemampuannya dalam pertempuran. Drone tersebut cukup cepat, senyap, mudah digunakan, mampu menempuh jarak puluhan kilometer dan menampilkan akurasi tinggi,” kata Rostec. Perusahaan teknologi negara Federasi Rusia dikutip dari laman TASS.
Drone Zala Lancet Rusia Bikin Tank Leopard 2 Ukraina Ringsek, Ini Rahasia Kehebatannya


Drone Lancet-3 menampilkan beberapa sistem penargetan berdasarkan koordinat, optoelektronik, dan teknologi gabungan. Drone dilengkapi dengan saluran komunikasi televisi untuk mengirimkan gambar target dan mengkonfirmasi keberhasilan penghancurannya.



Sebelumnya, Rusia sering menerjunkan drone tempur Zala Lancet-1 untuk melumpuhkan beberapa platform darat musuh. Di antaranya howitzer M777 dan FH70, serta howitzer self-propelled M109 Amerika, howitzer self-propelled Polandia AHS Krab, dan howitzer self-propelled CAESAR Prancis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1297 seconds (0.1#10.140)