7 Kebiasaan yang Bisa Undang Ular ke Dalam Rumah, Waspada!

Rabu, 14 Juni 2023 - 13:34 WIB
loading...
7 Kebiasaan yang Bisa Undang Ular ke Dalam Rumah, Waspada!
Terdapat sejumlah kebiasaan yang bisa mengundang ular datang ke dalam rumah. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah kebiasaan yang bisa mengundang ular datang ke dalam rumah . Biasanya, binatang melata ini akan mendatangi rumah yang kumuh dan kotor.

Dilansir dari laman Best Life, para ahli mengungkapkan bahwa rumah yang kumuh dan jarang dibersihkan akan terlihat seperti tempat persembunyian menarik bagi ular. Sehingga, menjaga kebersihan rumah sangatlah penting agar reptil berbahaya ini tidak mendekati rumah.

Selain merupakan tindak pencegahan supaya ular tidak masuk rumah, membersihkan lingkungan rumah juga dapat membuat sejumlah hama seperti tikus dan kecoa enggan untuk singgah.


Kebiasaan yang Bisa Undang Ular ke dalam Rumah

Berikut ini tujuh kebiasaan yang dapat memancing ular tertarik masuk ke rumah.

1. Membiarkan Rumah dalam Keadaan Berantakan

Sebelumnya telah dibahas bahwa rumah yang dibiarkan dalam keadaan berantakan akan menarik ular untuk masuk ke dalamnya.

Terlebih bila di dalam rumah tersebut terdapat sarang tikus yang notabene merupakan makanan ular. Sehingga bila menemukan tikus di rumah, segeralah dibasmi.

2. Membiarkan Meja yang Dipenuhi Remah-Remah

Kebiasaan ini akan menarik perhatian mangsa ular, seperti hewan pengerat untuk masuk kerumah. Inilah yang dapat menjadi pemantik reptil tersebut untuk mengejar mangsanya sampai ke rumah.

3. Membiarkan Sampah Menumpuk

Membuang sampah umumnya adalah tugas sederhana yang malas untuk dilakukan. Kebiasaan malas membuang sampah ini nantinya akan memancing para hewan pengerat untuk datang.

Para hewan pengerat inilah nanti yang akan menjadi sumber makanan ular. Sehingga, membuang sampah dengan teratur dan menutup tong sampah akan mencegah masuknya ular.


4. Terbiasa Menumpuk Batu atau Kayu di Rumah

Menumpuk batu, batu bata bercelah, ataupun kayu di sekitar rumah juga akan menarik perhatian ular untuk menyelinap dan tinggal di tumpukan tersebut.

Sebaiknya jauhkan puing-puing ini dari rumah. Sehingga meskipun ada ular yang bersarang, jaraknya cukup jauh dari rumah.

5. Jarang Memotong Rumput Halaman

Bila ingin mengurangi resiko munculnya ular dalam rumah, mulailah dengan rutin memotong rumput halaman dan tidak membiarkannya terlalu panjang.

Karena jika semak atau rumput ini semakin tinggi, maka hal tersebut akan menjadi pemicu kemunculan berbagai hama di lingkungan rumah, termasuk ular.

6. Jarang Membersihkan Pipa Paralon

Pipa paralon yang berfungsi sebagai pengalir air hujan supaya tidak masuk ke dalam rumah ini juga harus rutin dibersihkan. Bila tidak, nantinya akan banyak daun dan kotoran yang menumpuk pada musim kemarau. Inilah yang membuat ular merasa nyaman dan memungkinkan untuknya tinggal disana.

7. Membiarkan Dedaunan Menumpuk

Setelah menyapu, biasanya orang akan mengumpulkan dedaunan di satu tempat sebelum membuangnya. Bila tidak segera dibuang, tumpukan daun tersebut akan menjadi tempat persembunyian yang menarik bagi ular.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2529 seconds (0.1#10.140)