3 Arti Ramalan Jayabaya tentang Pulau Jawa Berkalung Besi

Jum'at, 16 Juni 2023 - 19:31 WIB
loading...
3 Arti Ramalan Jayabaya tentang Pulau Jawa Berkalung Besi
Ilustrasi Jayabaya. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Pulau Jawa telah menjadi subjek berbagai ramalan terkenal. Salah satu ramalan yang paling menarik adalah tentang Pulau Jawa yang akan berkalung besi.

Ramalan ini terkenal karena keakuratannya dan telah terbukti menjadi kenyataan. Jayabaya, seorang Raja Kediri yang dihormati, memiliki ketajaman intuisi yang luar biasa dan menjadi sumber ramalan ini.



Namun, apa sebenarnya arti dari ramalan tentang Pulau Jawa Berkalung Besi ini?

1. Ramalan Transportasi Modern

Ramalan tersebut sebenarnya merujuk pada kedatangan moda transportasi modern di Pulau Jawa. Dalam ramalan tersebut tertulis, 'Mbesuk Yen Wis ana kreta tanpa jaran, tanah jawa kalungan wesi,' yang berarti 'Kelak jika ada kereta tanpa kuda, Pulau Jawa akan berkalung besi.'

Ramalan ini mengindikasikan bahwa suatu saat nanti, jalur rel dan kereta api akan merambah seluruh Pulau Jawa.

2. Perubahan Ideologi dan Pemikiran

Meskipun ramalan tersebut secara umum diartikan sebagai kedatangan transportasi modern, ada juga tafsiran lain yang menghubungkannya dengan perubahan ideologi dan pemikiran masyarakat Jawa.



Dalam konteks ini, ramalan Jayabaya dapat dimaknai sebagai kemungkinan terjadinya perubahan dalam pemikiran dan pandangan hidup orang Jawa, terutama dengan munculnya ideologi-ideologi baru.

3. Realisasi Ramalan

Jika kita melihat kondisi saat ini, ramalan Jayabaya tentang Pulau Jawa Berkalung Besi telah terbukti benar. Sejarah perkeretaapian di Indonesia dimulai pada tahun 1864 dengan dibangunnya jalur kereta api Semarang-Vorstenlanden (Solo-Yogyakarta).

Kemudian, pemerintah Hindia Belanda melalui Staatssporwegen (SS) membangun jalur kereta api negara pada tahun 1875, yang meliputi rute Surabaya-Pasuruan-Malang. Kesuksesan proyek-proyek ini mendorong investor swasta untuk membangun jalur kereta api seperti Semarang Joana Stoomtram Maatschappij (SJS).



Sejak itu, perkembangan kereta api di Pulau Jawa semakin pesat, dan saat ini terdapat banyak jalur perlintasan kereta api di berbagai wilayah Pulau Jawa.

Melihat ke belakang, kita bisa menyimpulkan bahwa ramalan Jayabaya tentang Pulau Jawa Berkalung Besi telah menjadi kenyataan. Tidak hanya itu, masih banyak ramalan-ramalan lainnya yang telah terbukti terjadi.

Ramalan-ramalan ini memberikan gambaran yang menarik tentang masa lalu dan masa depan Pulau Jawa, serta mengungkapkan kearifan dan ketajaman intuisi dari sang Raja Jayabaya.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0978 seconds (0.1#10.140)