Tank Merkava untuk Pertama Kali Keluar Israel, Spesifikasinya Bikin Ukraina Ngiler

Senin, 19 Juni 2023 - 21:48 WIB
loading...
Tank Merkava untuk Pertama Kali Keluar Israel, Spesifikasinya Bikin Ukraina Ngiler
Israel sedang dalam pembicaraan untuk menjual tank Merkava bekas ke dua negara, termasuk satu di Eropa, yang akan menjadi ekspor pertama kendaraan lapis baja tersebut. Foto/Bulgarian Military/IDF
A A A
TEL AVIV - Tank Merkava, salah satu tank canggih di dunia milik Israel, untuk pertama kalinya bisa dimiliki negara lain. Ada 2 negara yang bakal menerima tank canggih Merkava, salah satunya adalah negara Eropa.

Israel sedang dalam pembicaraan untuk menjual tank Merkava bekas ke dua negara, termasuk satu di Eropa, yang akan menjadi ekspor pertama kendaraan lapis baja tersebut. Ada spekulasi negara Eropa penerima tank Merkava, adalah Ukraina, Turki, atau Kroasia.

“Ada dua negara potensial yang sedang mengadakan negosiasi lanjutan penjualan tank Mervaka. Saya dilarang menyebutkan nama (negara) mereka, tapi ada satu di benua Eropa,” kata Yair Kulas, Kepala Direktorat Kerjasama Pertahanan Internasional Kementerian Pertahanan Israel (SIBAT) dikutip dari laman Timesofisrael, Senin (19/6/2023).



Potensi penjualan kemungkinan mencakup tank Merkava Mark 2 yang lebih tua dan beberapa tank Merkava Mark 3 yang menjadi tank tempur utama IDF (Pasukan Pertahanan Israel) pada 1990-an. Israel menjual tank Merkava Mark 2 dan Merkawa Mark 3 karena akan mengganti dengan tank yang lebih modern Merkava Mark 4.
Tank Merkava untuk Pertama Kali Keluar Israel, Spesifikasinya Bikin Ukraina Ngiler


Peluang ini membuat Ukraina yang sedang berperang dengan Rusia mengincar tank Merkava milik Israel. Namun, Bulgarian Military menyebutkan Israel menolak memberikan tank Merkava kepada Ukraina, tapi lebih memilih Siprus dan Maroko.

“Tank Merkava dikirim ke Siprus untuk menggantikan 41 tank T-80U / Inggris yang disumbangkan ke Ukraina. Termasuk untuk mengganti tank T-72B Maroko yang diekspor kembali ke Ukraina melalui pihak ketiga,” tulis Bulgarian Military mengutip akun Twitter Dana Levi.

Spesifikasi Tank Merkava

Merkava, yang berarti Kereta Perang dalam bahasa Ibrani, dibuat setelah Perang Enam Hari pada tahun 1967. Pengembangan tank Israel yang unik ini dimulai pada awal 1970-an, mengambil pelajaran dari Perang Yom Kippur pada tahun 1973 yang memainkan peran kunci.

Tank Merkava menonjol dari tank tempur utama lainnya karena desainnya yang unik. Mesinnya yang diposisikan di depan dan menara yang diposisikan di belakang meningkatkan pertahanannya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1865 seconds (0.1#10.140)