Ilmuwan NOAA Umumkan El Nino Bertahan hingga 2024

Selasa, 20 Juni 2023 - 07:27 WIB
loading...
Ilmuwan NOAA Umumkan El Nino Bertahan hingga 2024
Ilustrasi gelombang laut. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Para ilmuwan dari Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA) mengumumkan, bahwa pemanasan laut yang dikenal sebagai El Nino dapat bertahan hingga 2024.

Dijelaskan, fenomena El Nino biasanya terjadi setiap dua hingga tujuh tahun dan ditandai oleh suhu permukaan laut yang lebih hangat dari rata-rata di sekitar khatulistiwa di Samudra Pasifik Tengah dan Timur.

Michelle L'Heureux, ilmuwan di Pusat Prediksi Iklim NOAA mengatakan, peristiwa ini dapat dirasakan secara global.


"El Nino dapat menyebabkan berbagai dampak, seperti meningkatkan risiko curah hujan dan kekeringan di lokasi tertentu di seluruh dunia," katanya, dilansir dari laman Space, Selasa (20/6/2023).

Satelit NASA melihat tanda awal dari El Nino yang terbentuk pada bulan Maret dan April, di mana air hangat di Samudra Pasifik bergerak ke timur menuju pantai barat di Amerika Selatan.



"Suhu udara rata-rata cenderung lebih tinggi pada tahun-tahun El Nino dari pada tahun-tahun lainnya, dengan konsekuensi yang luas untuk pola cuaca global. Ini diperparah oleh efek perubahan iklim," jelasnya.

Munculnya El Nino tahun ini dapat membantu mendorong suhu global ke wilayah yang belum dipetakan dan berkontribusi pada pemanasan global melintasi ambang batas 1,5 derajat celcius lima tahun ke depan.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3333 seconds (0.1#10.140)