Pencarian Kapal Selam Titan di Atlantik Utara Telan Biaya Rp18 Miliar

Sabtu, 24 Juni 2023 - 23:59 WIB
loading...
Pencarian Kapal Selam Titan di Atlantik Utara Telan Biaya Rp18 Miliar
Upaya pencarian dan penyelamatan kapal selam Titan yang hilang di Atlantik Utara diperkirakan menelan biaya sekitar USD1,2 juta atau Rp18 miliar lebih. Foto/Independent/Oceangate
A A A
WASHINGTON - Upaya pencarian dan penyelamatan kapal selam Titan yang hilang di Atlantik Utara diperkirakan menelan biaya sekitar USD1,2 juta atau Rp18 miliar lebih. Ini merupakan perkiraan dana yang digunakan untuk operasional Penjaga Pantai Amerika Serikat (AS).

Perkiraan biaya itu diungkapkan Mark Cancian, penasihat senior Pusat Studi Strategis dan Internasional, yang dimuat laman The Washington Post (The Post). Dia menyebutkan bahwa angka itu tidak termasuk biaya perusahaan swasta yang dipekerjakan dan kapal penelitian dengan kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh, yang salah satunya akhirnya menemukan puing-puing Titan.

Masih belum jelas apakah pemerintah AS akan membayar perusahaan-perusahaan itu, tetapi ada kemungkinan jika Departemen Pertahanan menempatkan mereka di bawah kontrak. The Coard Guard District 1 di Boston, badan yang bertanggung jawab atas operasi, tidak memberikan respons kepada The Post terkait biaya dari upaya pencarian dan penyelamatan kapal selam Titan.



Juru bicara Pentagon kepada The Post mengatakan bahwa operasi penyelamatan menggunakan dana yang sudah tersedia untuk Departemen Pertahanan. “Jadi itu jam-jam yang sudah dibayar,” kata Brigjen Jenderal Patrick Ryder kepada The Post dikutip dari laman Masslive, Sabtu (24/6/2023).

Laman independent juga menyebutkan biaya pencarian kapal selam Titan yang hilang mencapai jutaan dolar. “Biaya pencarian sebesar ini belum pernah terjadi sebelumnya, untuk kapal selam Titan yang hilang bisa mencapai jutaan dolar,” tulis independent.

Upaya internasional besar-besaran dengan pesawat, kapal permukaan, dan robot laut dalam dimulai hari Minggu ketika Titan dilaporkan hilang. Para pencari berpacu dengan waktu 96 jam untuk menemukan dan menyelamatkan penumpang kapal sebelum suplai oksigen mereka habis.

Area pencarian membentang ribuan mil, dua kali ukuran Connecticut dan di perairan sedalam 4 kilometer. Pencarian melibatkan Penjaga Pantai AS, Penjaga Pantai Kanada, serta badan dan entitas swasta lainnya.



“Tidak ada pencarian laut lain yang sebanding, terutama dengan begitu banyak negara dan bahkan perusahaan komersial yang terlibat akhir-akhir ini,” kata Norman Polmar, seorang sejarawan angkatan laut, analis dan penulis yang berbasis di Virginia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1863 seconds (0.1#10.140)