4 Kapal Selam AS Tercanggih, Semuanya Dibekali Peluru Kendali Bertenaga Nuklir

Rabu, 14 Agustus 2024 - 12:34 WIB
loading...
4 Kapal Selam AS Tercanggih,...
Kekuatan kapal selam Amerika Serikat terdiri dari empat kelas operasional yang berbeda-beda. Foto: ist
A A A
AMERIKA - Terdapat empat kapal selam tercanggih AS yang semuanya telah dibekali dengan peluru kendali bertenaga nuklir. Pembahasan tentang kapal selam ini mulai naik setelah AS mengirimkan armadanya ke Timur Tengah.

Langkah tersebut dilakukan sebagai respons terhadap kekhawatiran akan konflik regional yang lebih luas setelah pembunuhan para pemimpin senior Hizbullah dan Hamas baru-baru ini.

Menurut BBC, hal ini menandakan tekad AS untuk membantu membela Israel dari serangan apa pun oleh Iran. Menteri Pertahanan Lloyd Austin menyatakan jika AS akan "mengambil setiap langkah yang mungkin" untuk membela sekutunya.

Kapal selam yang dikirimkan AS ke Timur Tengah ini adalah USS Georgia (SSBN-729) yang merupakan salah satu kapal kelas Ohio. Dilansir dari The Nuclear Threat Initiative, Kekuatan kapal selam Amerika Serikat terdiri dari empat kelas operasional, berikut ini diantaranya.

4 Kapal Selam AS Tercanggih

1. Kelas Ohio
4 Kapal Selam AS Tercanggih, Semuanya Dibekali Peluru Kendali Bertenaga Nuklir

Kelas Ohio terdiri dari 14 SSBN yang berfungsi sebagai kaki triad nuklir AS yang berbasis laut. Kapal Selam AS kelas Ohio sampai saat ini masih jadi yang terfavorit karena berbasis di jalur strategis.

Awalnya kapal selam jenis ini dibekali dengan 24 tabung peluncuran, tetapi jumlahnya dikurangi menjadi 20 untuk memenuhi batasan berdasarkan New START.

Jika digabungkan semua kapal selam yang ada di kelas Ohio, maka akan ada 960 hulu ledak yang dibawa. Meskipun jadi yang terfavorit, program SSBN kelas Columbia digadang-gadang akan mulai menggantikan kapal selam kelas Ohio.

2. Kelas Los Angeles
4 Kapal Selam AS Tercanggih, Semuanya Dibekali Peluru Kendali Bertenaga Nuklir

SSN kelas Los Angeles bertenaga nuklir membawa rudal jelajah serangan darat (LACM) Tomahawk dan torpedo MK-48. Kapal ini dibentuk tidak hanya untuk peperangan anti-kapal selam, tetapi juga mampu memasukkan Pasukan Khusus dan memasang ranjau.

Los Angeles dianggap sebagai tulang punggung armada kapal selam AS dengan 34 unit yang kini bertugas. Beberapa kapal selam dari kelas ini diantaranya seperti USS Providence dan USS San Juan.

3. Kelas Seawolf
4 Kapal Selam AS Tercanggih, Semuanya Dibekali Peluru Kendali Bertenaga Nuklir

Angkatan Laut AS juga memiliki tiga kapal kelas Seawolf, yang berbasis di Bangor Trident Base di negara bagian Washington. Kapal selam kelas ini dikenal lebih cepat dan lebih senyap ketimbang kelas Los Angeles.

Kemampuan siluman kapal ini juga membuatnya cocok untuk dimasukkannya Pasukan Khusus. Meskipun tidak memiliki kemampuan peluncuran vertikal, kapal selam ini tetap dapat menembakkan rudal Tomahawk melalui tabung torpedo-nya.


4. Kelas Virginia
4 Kapal Selam AS Tercanggih, Semuanya Dibekali Peluru Kendali Bertenaga Nuklir

Kelas Virginia , yang dirancang oleh Electric Boat Corporation of Connecticut, mewakili generasi berikutnya dari kapal selam serangan nuklir AS dan alternatif yang lebih hemat biaya dibandingkan kelas Seawolf.

Dengan 22 kapal yang sudah ditugaskan, kelas Virginia akan mengambil alih peran operasi kelas Los Angeles. Kapal selam ini mampu beroperasi secara efektif di perairan pesisir, terutama karena sistem kendali “fly-by-wire”, memberikannya keunggulan dibandingkan kelas Los Angeles.

Selain itu, tidak seperti kelas Seawolf , kelas Virginia memiliki tabung peluncuran vertikal untuk menembakkan rudal serangandaratTomahawk.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1875 seconds (0.1#10.140)