Lukisan Dinding Bayi Hercules Mencekik Ular Dipamerkan di Italia

Minggu, 25 Juni 2023 - 14:28 WIB
loading...
A A A
Kepala marmer putih kaisar Romawi Septimius Severus yang telah dicuri pada tahun 1984 dari sebuah museum di wilayah Campania selatan Italia ditemukan pada Juni 2020, tepat ketika akan dilelang di Christie's di New York.

Jaksa Manhattan Matthew Bogdanos mengatakan, timnya telah melakukan 75 penggerebekan yang melibatkan penemuan 500 barang antik Italia yang tak ternilai.

Italia pertama kali mengajukan permintaan ke AS untuk mengembalikan lukisan dinding Herculaneum, yang menggambarkan bayi Hercules mencekik seekor ular, pada tahun 1997.



Lukisan dinding itu diyakini telah dicuri oleh tombaroli atau perampok makam, yang selama bertahun-tahun telah menghasilkan banyak uang dengan menggali jalan mereka ke situs arkeologi di Italia.

Menteri Kebudayaan Italia, Gennaro Sangiuliano menambahkan, beberapa artefak yang sejauh ini dikembalikan dari AS telah dipajang di Museum Seni Penyelamatan Roma, yang dibuka musim panas lalu.

Dalam hal seni, Italia adalah salah satu negara yang paling banyak dijarah di dunia. Bogdanos berjanji timnya akan melipatgandakan upayanya untuk memulihkan lebih banyak karya seni yang dicuri.

"Ada begitu banyak lagi barang antik yang dijarah di seluruh dunia. Begitu banyak lagi penjarah dan penyelundup dan penjahat yang harus dihentikan, dan itu adalah kewajiban kita untuk melakukan itu," tukasnya.
(san)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3961 seconds (0.1#10.140)