Lukisan Dinding Bayi Hercules Mencekik Ular Dipamerkan di Italia

Minggu, 25 Juni 2023 - 14:28 WIB
loading...
Lukisan Dinding Bayi Hercules Mencekik Ular Dipamerkan di Italia
Lukisan dinding bayi Hercules mencekik ular. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Penyelidik seni Italia telah memamerkan lukisan dinding yang selamat dari kehancuran kota pantai Romawi kuno Herculaneum dalam letusan Gunung Vesuvius, pada tahun 79 Masehi.

Lukisan dinding ini banyak dijarah dan diselundupkan ke AS. Tetapi 60 relik di antaranya telah dikembalikan.

Vincenzo Molinese, Kepala Polisi Seni Italia mengatakan, nilai total karya yang dicuri itu di antaranya berasal dari abad pertama SM. Karya seni itu dijarah dari Italia selama lima dekade terakhir dan dilacak berada di AS.


"Nilainya diperkirakan lebih dari USD20 juta," katanya, dikutip dari The Guardian, Minggu (25/6/2023).

Dilanjutkan dia, karya-karya yang berhasil dibawa kembali ke Italia itu termasuk kylix Etruscan terakota, patung perunggu, vas kuno, dan peralatan dapur.

"Ini adalah karya yang dijarah dari negara kami, dan sayangnya ini terus terjadi oleh penyelundup yang tidak bermoral, dan berakhir di tangan perantara internasional sebelum dijual," sambungnya.

Ke-60 artefak itu, termasuk di antara lebih dari 250 yang telah dikembalikan ke Italia dari AS pada tahun lalu.

Jaksa di New York menyita barang-barang tersebut dari koleksi pribadi, rumah lelang atau museum. Saat ini, penyelidikan atas barang-barang seni bernilai tinggi itu masih terus dilakukan.



Peninggalan sebelumnya yang dikembalikan ke Italia ditemukan di museum termasuk Metropolitan, di New York dan Getty, di Los Angeles. Barang-barang itu meliputi patung terakota yang dikenal sebagai Orpheus dan Sirene.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2991 seconds (0.1#10.140)