4 Hewan Peliharaan Musuh Alami Ular, Nomor 3 Aktif di Malam Hari

Rabu, 28 Juni 2023 - 10:43 WIB
loading...
4 Hewan Peliharaan Musuh Alami Ular, Nomor 3 Aktif di Malam Hari
Ular merupakan hewan mamalia yang cukup menakutkan. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Ular merupakan hewan mamalia yang cukup menakutkan. Apalagi mereka memiliki racun . Dalam kehidupan alaminya, ular ternyata memiliki musuh.

Musuh ular biasanya adalah hewan peliharaan . Untuk itu, bagi manusia yang takut akan adanya ular, sangat butuh hewan peliharan ini untuk menjaga dari serangan ular.

Beberapa hewan peliharaan ini diklaim memiliki kekebalan terhadap racun ular, dan menjadikan salah satu jenis reptil itu sebagai santapannya.


Hewan Peliharaan Musuh Alami Ular

1. Garangan

Mungkin kebanyakan orang akan berpikir dua kali untuk memelihara hewan ini. Karena memiliki bentuk yang kurang menarik dan sering dianggap sebagai hewan merugikan, karena suka memakan ayam yang diternak.

Terlepas dari segala hal yang merugikan, rupanya garangan atau moogose ini adalah pemburu ular yang handal. Bahkan hewan ini memiliki kekebalan terhadap racun kobra yang dikenal mematikan.

2. Hedgehog

Bagaimana bisa landak mungil ini menjadi musuh alami ular? Memang hedgehog bukanlah binatang yang memangsa ular, namun hewan ini adalah salah satu hewan yang sangat dibenci oleh ular.

Dilansir dari laman AZ Animals, salah satu ciri hedgehog yang unik adalah kekebalannya terhadap berbagai racun. Terlebih duri kecil yang berada di punggungnya juga membuat setiap pemangsa tak berselera untuk menyantapnya.


3. Burung Hantu

Burung karnivora yang aktif di malam hari ini memang telah menjadi musuh alami ular yang paling efektif. Cakarnya yang besar ditambah dengan cengkramannya yang kuat membuat hewan nokturnal ini mampu melumpuhkan ular dalam satu serangan.

Tentunya tidak semua jenis burung hantu memakan ular, beberapa jenis yang menjadi musuh alami reptil itu di antaranya, burung hantu tanduk besar, hoot, penggali, dan tyto alba atau serak jawa.

4. Anjing Terrier Skotlandia

Scottish Terrier adalah anjing yang biasa dilatih untuk berburu dan membunuh. Ras anjing ini biasanya sangat suka mencari binatang bergerak seperti ular, atau hewan lain untuk dibunuh.

Membuat jenis anjing ini terkenal sebagai anjing penjaga yang tangguh dan memiliki selera alami untuk membunuh ular.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3314 seconds (0.1#10.140)