Ular King Kobra vs Buaya, Mana Lebih Berbahaya?

Rabu, 28 Juni 2023 - 17:47 WIB
loading...
Ular King Kobra vs Buaya, Mana Lebih Berbahaya?
Beberapa hewan liar dikenal sangat mematikan dan menimbulkan ketakutan pada manusia, seperti ular King Kobra dan buaya. Foto/reuters/houstonchronicle
A A A
JAKARTA - Beberapa hewan liar dikenal sangat mematikan dan menimbulkan ketakutan pada manusia, seperti ular King Kobra dan buaya. Apalagi kedua hewan liar ini diketahui membunuh manusia.

Ular King Kobra adalah reptil tanpa kaki yang tumbuh sepanjang 5,8 meter dan berat 6,8 Kg, yang menyerang mangsanya menggunakan racun saraf kuat. Buaya adalah reptil berkaki empat yang beratnya mencapai 90,7 kg tumbuh sepanjang 6 meter.

Buaya menggunakan gigitannya yang sangat kuat dan giginya yang panjang untuk membunuh mangsanya. “Perbedaan terbesar antara ular King Kobra dan buaya adalah ukuran, morfologi, dan metode serangannya,” tulis laman a-z-animals, Rabu (28/6/2023).



Untuk menilai mana lebih berbahaya antara ulara King Kobra dan buaya, secara khusus harus memperhatikan kecepatan, perilaku pemangsa, dan pertahanan fisik. Dengan mempertimbangkan kualitas ini, maka bisa membandingkan tingkat bahaya ular King Kobra dan buaya.

1. Ukuran

Ular King Kobra vs Buaya, Mana Lebih Berbahaya?

Buaya jauh lebih besar dari ular King Kobra. Jadi buaya memiliki keunggulan ukuran yang besar dibandingkan ular King Kobra.

Buaya terbesar bisa tumbuh lebih panjang dari 6 meter dan beratnya mencapai 1.088 Kg. Ular King kobra biasanya berukuran antara 3,6 sampai 4,5 meter dan beratnya bisa mencapai 6,8 kg. Namun, king kobra terbesar berukuran panjang hampir 5,7 meter.

2. Kecepatan dan Gerakan

Buaya lebih cepat dari ular King Kobra. Buaya rata-rata dapat menggunakan gerakan merangkak di darat untuk mencapai kecepatan sekitar 22 mil/jam. Mereka bisa berenang dengan kecepatan 15 mil/jam dengan menggunakan ekornya untuk mendorong.

Ular King Kobra adalah hewan yang relatif lambat yang dapat bergerak dengan kecepatan sekitar 12 mil/jam. Ular King Kobra bergerak dengan meluncur di tanah, namun dapat menyerang dengan cepat dari posisi menyerang.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2344 seconds (0.1#10.140)